Waskita Divestasi Tol Cibitung-Cilincing

Waskita Terima Rp 2,44 Triliun Atas Transaksi Divestasi Tol Cibitung-Cilincing

PT Waskita Karya (Persero) telah resmi menerima pembayaran penuh atas divestasi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Cibitung-Cilincing, PT Cibitung Tanjung Priok Tollways (CTP). Transaksi senilai Rp 2,445 Triliun tersebut dilakukan antara anak perusahaan Waskita, PT Waskita Toll Road dengan PT Akses Pelabuhan Indonesia (API).

Taufik Hendra Kusuma selaku Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Waskita Karya (Persero) Tbk menjelaskan, pembayaran tersebut sesuai dengan Perjanjian Jual Beli yang ditandatangani pada Jumat (1/10). Berdasarkan perjanjian tersebut, pembayaran transaksi dilaksanakan 14 hari setelah penandatanganan Perjanjian Jual Beli.

“Pembayaran telah diterima penuh oleh WTR sehingga kepemilikan Waskita atas 55% saham CTP resmi berpindah ke API”, kata Taufik.

CTP merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pemegang konsesi Ruas Tol Cibitung – Cilincing. Sisa 45 persen kepemilikan saham CTP sebelumnya telah dimiliki oleh anak perusahaan PT Pelindo (Persero), PT Akses Pelabuhan Indonesia (API). Transaksi ini membuat API memiliki 100 persen saham CTP. 

“Divestasi ini juga menurunkan jumlah utang Perseroan sebesar Rp 5,8 Triliun sebagai efek dekonsolidasi,” jelas Taufik.

Sebagai informasi, ruas tol Cibitung – Cilincing memiliki panjang 34 kilometer. Ruas ini merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 yang rencananya akan menyambung dengan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung di bagian selatan dan Jalan Tol Akses Tanjung Priok di bagian Utara.

Baca Juga : Lakukan Penyehatan Keuangan, Waskita Divestasi BUJT Cibitung-Cilincing

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Artikel Terkait

Berlangganan Sekarang Juga!

Dapatkan informasi BUMN terbaru langsung ke email anda.