Di Balik PON XX Papua 2021, Telkom Kerahkan Infrastruktur dan SDM

Di Balik PON XX Papua 2021, Telkom Kerahkan Infrastruktur dan SDM

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom Indonesia, berhasil menerapkan kualitas jaringan dan layanan telekomunikasi acara Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 lalu. Persiapan-persiapan yang dilakukan Telkom, baik dari infrastruktur maupun personel telah berperan dalam awal hingga akhir acara.

PON XX Papua 2021 yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada (2/10) lalu ini diselenggarakan Stadion Lukas Enembe. Dalam penyelenggaraan acara akbar PON, Telkom berperan sebagai official partner Information & Communication Technology (ICT). Tugas sebagai official partner ICT sendiri adalah menyediakan berbagai infrastruktur dan layanan telekomunikasi di venue pertandingan, akomodasi hotel kontingen maupun atlet, media center, dan sarana penunjang lainnya.

Infrastruktur Telekomunikasi untuk PON XX Papua

Secara umum, Telkom menyiapkan layanan internet dengan total bandwidth lebih dari 11,5 Gbps yang dilengkapi sistem pencadangan (backup). Telkom juga melakukan kolaborasi pengamanan network untuk mengantisipasi serangan siber. Pihak yang berkolaborasi antara lain Kementerian Kominfo, BSSN, Polri, serta TNI.

Sebanyak 142 unit fasilitas sambungan internet berbasis kabel (fixed broadband) IndiHome juga terpasang di beberapa lokasi vital, termasuk wisma atlet, untuk memenuhi kebutuhan kontingen yang akan bertanding. Selain itu, terdapat 427 access point internet nirkabel (WiFi) tersebar di seluruh arena pertandingan PON XX Papua 2021 dan ruang publik yang bisa diakses masyarakat secara gratis.

Telkom juga menyediakan 2 Satelite News Gathering, 1 main media center di Kota Jayapura dan 3 mini media center di Kab. Jayapura, Kab. Mimika, dan Kab. Merauke. Melalui anak perusahaan Telkom, Telkomsel juga memastikan penguatan sinyal layanan seluler dengan mengerahkan 192 Base Transceiver Station (BTS) dan menjaga ketersediaan pasokan energi listrik untuk BTS prioritas. Upaya yang dilakukan antara lain dengan menyiagakan puluhan genset, puluhan Support Catu Daya (SCD) Mobile, serta optimalisasi kapasitas baterai di setiap BTS. 

Proaktif Siaga Gangguan, Telkom Kerahkan SDM Terbaik

Tidak hanya infrastruktur, Telkom juga mengerahkan lebih dari 1.000 teknisi dan helper yang proaktif yang bertugas selama acara berlangsung. Hal ini dilakukan untuk memastikan kualitas infrastruktur jaringan dan layanan telekomunikasi selama PON XX Papua 2021 dapat berjalan lancar.

Personel yang dikerahkan tersebut terdiri dari teknisi khusus dan expert reguler yang bersiaga selama 7×24 jam sepanjang pelaksanaan PON XX Papua 2021. Para personel tersebut ditempatkan  di 49 venue di empat kabupaten/kota lokasi penyelenggaraan, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. 

Selain di empat kabupaten dan kota penyelenggaraan PON XX Papua 2021, Telkom juga turut menempatkan tim di area lain Indonesia untuk melakukan mitigasi risiko pada jaringan Sulawesi-Maluku-Papua Cable System (SMPCS). Di dalam jaringan tersebut juga terdapat jaringan Palapa Ring Timur, satelit, menara radio, kabel bawah laut, dan monitoring jaringan, baik nasional maupun internasional yang terpusat di Jakarta dan Bandung.

“Sebagai official platinum telco partner, Telkom berkomitmen untuk menyukseskan penyelenggaraan PON XX Papua 2021, baik itu sukses kapasitas maupun kualitas. Kami juga menyiapkan puluhan helper mengenakan rompi hijau berlogo Telkom yang standby di venue pertandingan dan hotline layanan contact center untuk memudahkan panitia PON dalam memperoleh informasi serta menggunakan manfaat layanan TelkomGroup dengan nyaman,” tutur Edi Witjara selaku Direktur Enterprise & Business Service Telkom.

Selama perhelatan PON XX Papua 2021, Telkomsel juga menghadirkan “Telkomsel 5G Experience Center” yang berlokasi di Stadion Lukas Enembe. Layanan ini diperuntukkan bagi para pengunjung, terutama masyarakat Papua untuk memberikan pengalaman terbaik dalam memanfaatkan teknologi revolusioner melalui use case yang dilengkapi dengan teknologi 5G.

“Dengan semua kesiapan dan tes yang kami lakukan, kami optimis dapat memberikan pengalaman layanan digital terbaik bagi masyarakat di penyelenggaraan PON XX Papua 2021 ini,” tutup Edi.

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Artikel Terkait

Berlangganan Sekarang Juga!

Dapatkan informasi BUMN terbaru langsung ke email anda.