Persiapan PLN untuk PON XX Papua-1

PLN Siapkan Sistem Kelistrikan Merauke untuk Dukung PON XX Papua

Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Merauke, Papua, PT PLN (Persero) segera merampungkan tiga konstruksi infrastruktur kelistrikan di Merauke. PT PLN menjamin keandalan pasokan listrik akan terjamin demi menyukseskan gelaran kompetisi olahraga nasional empat tahunan tersebut. Ajang PON XX Papua akan berlangsung mulai Rabu, 20 Oktober 2021, hingga Kamis, 11 November 2021.

“Pada prinsipnya kami telah siap. Pekerjaan kelistrikan sudah selesai 100 persen dan diharapkan dapat mendukung optimal pengembangan olahraga nasional lewat gelaran PON XX di Merauke ini,” ujar Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara PLN, Syamsul Huda.

Persiapan PLN untuk PON XX Papua-2

Menurut Syamsul, penyelesaian pekerjaan kelistrikan di Merauke ini dilakukan untuk mengalirkan listrik ke 5 venue pertandingan dan 5 lokasi wisma atlet. Selain venue pertandingan, kelistrikan ini juga akan berfungsi untuk mendukung venue lain seperti Hotel Swissbel, Arena Balap Motor Tanah Miring, Stadion Katalpal, GOR KONI Sai dan Gedung Archeaus Sai. 

Untuk mendukung PON XX Papua ini juga beberapa lokasi akan dijadikan sebagai wisma atlet. Beberapa lokasi tersebut antara lain Mes Martadinata, Mes Musamus, Wisma Bunda Pengharapan, Mes Katalpal, Mes Kompi Senapan B dan Mes Ndoremkai.

Persiapan PLN untuk PON XX Papua-3

Huda menambahkan, dalam persiapan menghadapi PON XX Papua di Merauke ini juga PLN telah melakukan perbaikan dan pemeliharaan jaringan listrik dan pembangkit. “Ini kami lakukan untuk memastikan pasokan listrik dari pembangkit dapat teraliri dengan baik saat kegiatan nanti,” tambahnya. 

Terkait ketersediaan daya untuk mendukung PON XX Papua, saat ini pembangkit listrik yang ada sangat cukup untuk menyuplai daya yang dibutuhkan selama PON XX Papua berlangsung. Beban puncak Kabupaten Merauke saat ini 24,2 MW, sedangkan total daya pembangkit PLN saat ini mampu mencapai 46,5 MW. 

“Dengan perkiraan kebutuhan daya untuk PON XX sekitar 3,4 MW, maka pembangkit kami masih sangat cukup,” ucapnya. 

Selain suplai dari pembangkit utama, PLN juga telah menyiapkan peralatan pendukung lain untuk mengamankan pasokan listrik di venue-venue dan lokasi strategis selama pertandingan nantinya berlangsung. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan buruk ketersediaan listrik saat PON XX Papua berlangsung.

Beberapa peralatan yang disiapkan antara lain 33 unit mobile genset kapasitas variatif antara 100 kW, 200 kW dan 500 kW, 2 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) 250 kVA, serta 6 Unit Gardu Bergerak (UGB) dengan kapasitas 250 VA dan 400 kVA. Peralatan suplai listrik tersebut akan dipasang di venue-venue pertandingan dan lokasi strategis lainnya. 

”Dengan back-up ini, diharapkan tidak ada padam sama sekali saat kegiatan berlangsung,” pungkas Huda. 

Dalam gelaran PON XX Papua nanti, Kabupaten Merauke akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan 6 cabang olahraga, yakni sepak bola putri, catur, bermotor, anggar, wushu dan gulat yang akan dilaksanakan di 5 venue berbeda. 

Dengan persiapan dan antisipasi yang matang, PLN berupaya memastikan keandalan suplai listrik untuk PON XX di Merauke agar dapat terjaga tanpa adanya gangguan. 

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Artikel Terkait

Berlangganan Sekarang Juga!

Dapatkan informasi BUMN terbaru langsung ke email anda.