Anak Bangsa Hasilkan Motor Listrik Militer Inovasi Terbaru di IEMS 2021

Motor Listrik Karya Anak Bangsa Tampil di IEMS 2021

Prototipe motor listrik hasil desain anak bangsa dipamerkan PT Len Industri (Persero) pada ajang pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 di Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan. Motor tersebut merupakan sebuah motor listrik khusus dan bisa digunakan dalam operasi militer atau disebut E-Tactical Stealth Trail .

Jalan utama provinsi memang sudah beraspal dengan baik, tapi berbeda dengan jalanan di medan operasi militer. Kendaraan taktikal sangat diperlukan untuk mendukung kerja operasi pasukan khusus di jalanan hutan yang terjal dan berkelok, dan dengan konsep operasi senyap.

E-Tactical Stealth Trail dilengkapi dengan Radio Taktikal LenSTRAD-M5 (Hand-held) dan Battlefield Management Systems (BMS). Perangkat dan sistem tersebut merupakan komunikasi suara dan data yang dapat memudahkan pertukaran data lokasi sebaran pasukan dan ditampilkan dalam geografis wilayah misi operasi, sehingga mendukung adanya interoperability antar matra.

“Len sebagai perusahaan BUMN di bidang teknologi elektronika pertahanan berkolaborasi dengan PT Eltran Indonesia (anak perusahaan Len) membuat terobosan baru mengembangkan motor listrik yang senyap, lincah, handal dan tangguh di semua medan.” ujar Direktur Teknologi PT Len Industri, Tazar Marta Kurniawan.

Dengan pengalaman dan kemampuan dalam penguasaan teknologi Power Electronic, seperti battery management system, inverter, battery pack dan motor listrik, dilengkapi dengan solusi charging station, radio komunikasi taktikal, hingga battlefield management system, menjadikan PT Len Industri sebagai perusahaan yang mampu menyediakan ekosistem kendaraan listrik ini secara menyeluruh dan sesuai dengan kebutuhan user.

Motor listrik ini berhasil menarik perhatian Kepala Staf Presiden Moeldoko dan Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Ayodhia GL Kalake untuk berkunjung ke stand Len. Sebelumnya, E-Tactical Stealth Trail telah dikenalkan dan mendapat apresiasi dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam agenda kunjungan kerjanya di kantor Len Bandung awal bulan ini.

Prototype motor listrik karya anak bangsa ini memiliki spesifikasi speed offroad, jadi cocok untuk berbagai medan operasi.” kata Kurniawan. 

Selain E-Tactical Stealth Trail, Len juga mengenalkan produk unggulan lainnya, seperti Solar Kit 1st Generation (PLTS On-Grid Portable) dan SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) AC Charging Station 22kW dan 7kW di pameran IEMS 2021 kali ini. Dalam agenda pameran ini, Len juga menyerahkan SPKLU hasil pengembangan bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Len kepada BRIN.

Pameran IEMS 2021 diselenggarakan oleh BRIN di kawasan Puspiptek, Serpong, Tangerang Selatan pada 24-26 November 2021 dengan mengusung konsep Hybrid Exhibition dan Hybrid Seminar “Innovation for Better Future e-Mobility”. Pameran ini dapat menjadi destinasi menarik bagi masyarakat yang ingin mengetahui produk-produk kendaraan listrik dalam negeri lainnya.

Dengan solusi yang terintegrasi dan menyeluruh, PT Len Industri dapat mendorong dan mendukung operasi militer TNI yang Smart dan Green Military. Perhelatan IEMS yang telah dihelat kedua kalinya ini diharapkan mampu mendorong program percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai sebagai alat transportasi sebagaimana tertuang dalam Perpres 55/2019, sebagai solusi dalam transformasi energi.

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Artikel Terkait

Berlangganan Sekarang Juga!

Dapatkan informasi BUMN terbaru langsung ke email anda.