PT SEI PLTS

Inovasi PT SEI Luncurkan Solar Kit, Wujud Penggunaan Energi Ramah Lingkungan

PT Surya Energi Indotama (SEI) mendukung perkembangan energi terbarukan dengan mengeluarkan produk Solar Kit yang ramah bagi masyarakat Indonesia. Produksinya yang lebih mudah dan biaya investasi yang lebih rendah dibandingkan dengan sumber energi terbarukan lainnya, membuat minat untuk melakukan pemasangan produk ini meningkat.

Terbukti dari data Kementerian ESDM pada tahun 2018, pembangunan PLTS yang dipasang di atap masih berada di angka 1,52 MWp dan mengalami kenaikan yang sangat signifikan hingga bulan Juni 2021 yang telah mencapai 35,56 MWp dalam kurun waktu 3 tahun. Dari total perkembangan pemasangan PLTS Atap yang sudah dilakukan, pelanggan rumah tangga memiliki porsi yang paling besar, yaitu sebanyak 3.300 pelanggan. 

Hal ini menjadi kabar baik bagi PT Surya Energi Indotama (SEI) karena minat masyarakat untuk beralih ke energi terbarukan khususnya menggunakan PLTS untuk pemakaian pribadi semakin ditinggi. Kombinasi antara panel surya, mikro inverter dan rangka hidrolik memudahkan konsumen memasang panel surya secara mandiri, menghasilkan lebih banyak energi dengan biaya yang lebih ekonomis.

“Sebagai perusahaan yang telah lama bergerak di bidang energi terbarukan dan untuk menjawab tantangan dalam berkontribusi di bidang energi terbarukan, PT SEI melakukan inovasi yaitu dengan meluncurkan produk terbarunya, Solar Kit Generasi Pertama atau Solar Kit 1st Gen.” kata Direktur Utama PT SEI, Bambang Iswanto.

Panel surya yang digunakan adalah produksi PT Len Industri (Persero), yang merupakan induk perusahaan dari PT SEI. Sedangkan PT Len Industri adalah perusahaan BUMN berbasis teknologi yang bergerak di bidang teknologi pertahanan, transportasi kereta, energi baru terbarukan PLTS, serta ICT dan navigasi.

”Produk ini menjadi solusi alternatif untuk menghemat biaya listrik di rumah. Keunggulan dari produk ini yaitu pemasangannya yang mudah, aman dipasang di manapun dan juga dapat dipindahkan sesuai kebutuhan,” Ujar Bambang.

Solar kit ini merupakan PLTS On-Grid atau terhubung dengan jaringan PLN, dengan sistem kerja memanfaatkan energi matahari yang diubah menjadi energi listrik, untuk digunakan pada siang hari. Produk ini juga sudah water resistant dengan Indeks Proteksi 65, memiliki rangka yang bisa diatur ketinggiannya untuk menghindari genangan air, dan memiliki sistem monitoring energi melalui smart adaptor yang disediakan.

“Untuk 1 unit produk Solar Kit Generasi Pertama, PT SEI menerapkan harga launching dari Rp 6.999.999 menjadi Rp 5.999.999. Harga periode launching ini berlaku mulai tanggal 10 Oktober 2021 sampai 16 Oktober 2021.” Kata Bambang.

PT SEI berharap, dengan adanya produk PLTS yang compact dan ekonomis ini, bisa menjadi solusi alternatif bagi masyarakat yang ingin mencoba menggunakan dan beralih ke energi yang lebih bersih dimulai dengan kapasitas kecil. Hal ini seiring dengan penggunaan energi terbarukan yang tepat bagi Indonesia kedepannya.

Perkembangan energi baru terbarukan di Indonesia masih menjadi tantangan bersama. Indonesia memiliki target bauran energi baru terbarukan pada tahun 2025 adalah sebesar 23 persen, gas bumi sebesar 22 persen, minyak bumi sebesar 25 persen, dan batubara sebesar 30 persen.

Sementara pada tahun 2020, bauran energi baru terbarukan hanya mencapai 11,20 persen, gas bumi sebesar 19,16 persen, minyak bumi sebesar 31,60 persen, dan batubara sebesar 38,04 persen. Hal ini perlu menjadi perhatian bersama karena pencapaian baruan energi baru terbarukan tersebut masih jauh dari apa yang diharapkan, khususnya PLTS, karena Indonesia memiliki potensi yang sangat besar pada sumber energi satu ini.

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Artikel Terkait

Berlangganan Sekarang Juga!

Dapatkan informasi BUMN terbaru langsung ke email anda.