Kualitas Tangkapan Ikan Nelayan Meningkat sejak PLN Berhasil Aliri Listrik ke Tual Maluku

Desa Tayando Yamtel kini telah menerima aliran listrik berkat pembangunan dari PLN. Desa yang terletak di sebuah pulau yang berjarak 53 kilometer laut dari Kota Tual, Provinsi Maluku ini dapat merasakan manfaat positif dari penerangan listrik, khususnya bagi para nelayan. Pembangunan fasilitas ini selaras dengan komitmen PLN untuk menerangi desa-desa di daerah terdepan, tertinggal, dan terluar (3T) Indonesia.

Sebanyak 25 pelanggan telah menikmati listrik PLN dari total potensi 482 pelanggan yang berada di Desa Tayando Yamtel. PLN menyerap investasi mencapai Rp 5,8 miliar guna melaksanakan pembangunan ini.

Pejabat Desa Tayando Yamtel, Ahmad Yani Sedubun pun menyambut baik atas upaya PLN yang telah berhasil melistriki desanya tersebut. Pembangunan ini akan berdampak signifikan bagi kehidupan masyarakat di daerah setempat. Jika pemerataan fasilitas listrik bisa terlaksana dengan baik, maka aktivitas sehari-hari masyarakat akan semakin mudah.

Basri Tunyanan, salah satu warga desa Tayando Yamtel mengungkapkan kebahagiaannya setelah PLN berhasil melistriki desanya. Hal ini karena adanya listrik membuat aktivitas nelayan semakin lebih produktif dan kualitas tangkapan ikan pun meningkat.

“Dengan adanya listrik PLN maka kami nelayan di sini bisa mencari ikan lebih lama karena sudah ada es. Dan ikan tangkapan nelayan bisa bertahan lebih lama,” ujar Basri. 

Pembangunan Fasilitas Listrik di Desa Tayando Yamtel

General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Maluku dan Maluku Utara, Adams Yogasara menyampaikan bahwa PLN menyediakan 3 unit mesin generator dengan total kapasitas 600 kilowatt (kW).  

“Kami juga membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 1,71 kilometer sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 4,39 kilometer sirkuit dan 3 buah Gardu Distribusi dengan total kapasitas 150 kilo volt ampere (kVA),” kata Adams.

Pihaknya mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan serta peran serta para pemangku kepentingan. Terlebih masyarakat di Kecamatan Tayando Tam dan Kota Tual, khususnya warga Desa Tayando Yamtel yang mendukung penuh PLN dalam menghadirkan listrik di desa tersebut.

“Apresiasi juga kami sampaikan kepada masyarakat desa Tayando Yamtel yang telah secara kooperatif bersama kami sejak awal, untuk membersihkan jalur yang akan dibangun jaringan listrik,” kata Adams.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Tual Adam Rahayaan mengapresiasi peran PLN. Pihaknya pun menyampaikan akses listrik yang sama untuk desa lain di wilayah sekitar, akan terus diupayakan bersama PLN.

”Kita upayakan untuk 4 desa yang lain ikut menikmati Listrik dari PLN itu sendiri,” kata Adam dalam peresmian listrik desa tersebut.

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Artikel Terkait

Berlangganan Sekarang Juga!

Dapatkan informasi BUMN terbaru langsung ke email anda.