GirlsTakeOver 2021 Resmi Dimulai, Bentuk Komitmen Bangun Indonesia melalui Pengembangan Talenta

Menteri BUMN, Erick Thohir menyambut enam finalis program GirlsTakover 2021 pada Senin (27/9). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kepemimpinan perempuan di posisi strategis perusahaan-perusahaan Indonesia. Terdapat enam finalis yang akan mengambil alih peran Menteri BUMN dan lima peran Direktur Utama BUMN selama satu hari.

Tentang GirlsTakeOver 2021

Program GirlsTakeover 2021 adalah bagian dari kampanye global tahunan yayasan Plan Indonesia. Tahun ini tema yang dicanangkan adalah  “Promosi Kesetaraan Gender dan Kepemimpinan Perempuan di Dunia Kerja”. Program ini dilaksanakan secara serentak dalam rangka memperingati Hari Anak Perempuan Internasional setiap tahunnya.

Tema tersebut selaras dengan komitmen Plan Indonesia untuk mendobrak stereotip gender bagi kalangan perempuan di Indonesia. Program GirlsTakeover 2021 melibatkan anak perempuan Indonesia untuk menggantikan posisi-posisi Menteri BUMN, Direktur Utama Angkasa Pura I, BRI, Kimia Farma, Bank Mandiri, dan Telkomsel selama satu hari.

Kerjasama BUMN dengan Plan Indonesia ini juga merupakan bentuk pemenuhan Indikator Kinerja Utama atau Key Performance Index Direksi BUMN secara kolegial. KPI BUMN sendiri terdiri dari nilai ekonomi dan sosial untuk Indonesia; inovasi model bisnis; kepemimpinan teknologi; peningkatan investasi; dan pengembangan talenta. 

“Transformasi BUMN tidak akan terjadi kalau tidak ada transformasi human capitalnya. Disinilah kita sangat fokus membenahi human capital BUMN.” tukas Menteri BUMN, Erick Thohir pada konferensi pers hari Senin (27/9).

Program GirlsTakeover 2021 ini akan memenuhi indikator kinerja yang kelima, yaitu pengembangan talenta. Pengembangan talenta kali ini difokuskan terhadap talenta perempuan muda Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Erick Thohir juga menjelaskan bahwa kerjasama BUMN dengan Plan Indonesia ini akan berlanjut ke lima tahun ke depan. Hal ini menjadi langkah nyata usaha pemberdayaan perempuan dan meningkatkan kepemimpinan perempuan muda di dunia kerja oleh BUMN.

“Salah satu policy yang ingin kita pastikan sejak awal adalah women’s leadership. Kita punya target-target bahwa tahun ini 15% kepemimpinan wanita akan terpenuhi. Di tahun 2023, itu 25%.” urai Erick.

Peresmian dimulainya program GirlsTakeover 2021 ini juga dihadiri oleh Dini Widiastuti sebagai Direktur Yayasan Plan Indonesia dan Tina Kemala Intan sebagai Ketua Srikandi BUMN.

“Saya berterima kasih kepada pak Menteri, tim Kementerian BUMN, dan seluruh pengurus srikandi yang sudah menjalankan program Girls Take Over dalam konteks fungsinya bagaimana kita membutuhkan women’s leadership, di Indonesia khususnya, anak-anak perempuan yang muda untuk berani menjadi pemimpin dan memberikan manfaat yang signifikan bagi negara ini” ungkap Tina.

Dini Widiastuti pun turut menyampaikan apresiasinya atas kerjasama BUMN dalam program GirlsTakeover 2021 ini. Ia berharap kerjasama yang berkelanjutan ini akan bisa mendobrak stereotip gender sekaligus mengajak perempuan muda Indonesia untuk turut andil dalam pembangunan negeri.

“Kita buktikan bahwa anak-anak perempuan juga bisa memimpin. Masa depan kita tidak hanya ada di tangan laki-laki, tapi juga perempuan. Bersama-sama kita menanggung masa depan bangsa ini.” kata Dini. 

Pada kesempatan yang sama, Dini juga menyampaikan, “Adik-adik yang 6 ini adalah representasi. Di belakang mereka itu banyak sekali potensi-potensi anak-anak muda perempuan Indonesia yang mampu memimpin negeri ini.”

Peserta GirlsTakeOver 2021

Keenam finalis GirlsTakeover 2021 telah terpilih setelah melalui berbagai tahap seleksi video, esai, hingga wawancara. Finalis-finalis yang telah lolos seluruh tahap seleksi yaitu Adinda asal Jawa Tengah, Indira asal Sulawesi Selatan, Putri asal Jawa Barat, Sharon asal Jawa Barat, Sisilia asal Nusa Tenggara Timur, dan Virdha asal Jawa Tengah. Seluruh finalis merupakan perempuan muda usia 18-24 tahun yang memiliki bidang keahlian yang berbeda-beda.

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Artikel Terkait

Berlangganan Sekarang Juga!

Dapatkan informasi BUMN terbaru langsung ke email anda.