Kiprah Gim Lokapala di PON XX, Bangkitkan Industri Gim Nasional-1

Pertandingan Persahabatan Gim Lokapala di PON XX, Bangkitkan Geliat Esports Indonesia

Ada yang berbeda dari PON XX Papua 2021 lalu. PON XX Papua 2021 menggelar pertandingan persahabatan untuk divisi esports, yang mana salah satu gim yang dipertandingkan adalah gim lokal karya anak bangsa yaitu, Lokapala.

Meski digelar sebagai pertandingan persahabatan, pertandingan gim Lokapala ini patut menjadi catatan tersendiri. Sesi ini dilatarbelakangi oleh semangat untuk mengangkat gim karya anak bangsa di pentas prestisius nasional maupun di kancah global.

“Dengan diselenggarakannya pertandingan persahabatan ini pada PON XX Papua, kami berharap dapat mendorong bangkitnya industri pengembangan gim tanah air,” ujar Dedi Suherman, CEO Melon Indonesia selaku publisher Lokapala.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Digital Business Telkom Indonesia Muhamad Fajrin Rasyid mengungkapkan bahwa dengan berkembangnya industri esports di Indonesia, diharapkan masyarakat tidak hanya menjadi konsumen saja.

“Kita juga akan mendorong para kreator gim lokal bisa menghasilkan gim yang nantinya bisa mendunia,” ujarnya.

Pertandingan persahabatan untuk divisi esports ini dilaksanakan secara offline dengan protokol kesehatan ketat. Secara langsung pertandingan ini juga disiarkan lewat channel YouTube Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), UPoint.id, dan NimoTV.

Sesi gim Lokapala diselenggarakan pada (22/9) untuk pertandingan semifinal. Kemudian pada tanggal (23/9) dilanjut dengan pertandingan Bronze Match, dan pada (25/9) pertandingan final. Dari hasil timeline match tersebut, diperoleh 4 tim terbaik sebagai pemenang.

Kiprah Gim Lokapala di PON XX, Bangkitkan Industri Gim Nasional-2

Pada kategori gim Lokapala ini, tim Jeet Esports yang terdiri dari Dicxon Fernando, Dzikri Adinulloh, Gurbinder Singh, Vesa Herawan, dan Yohanes Ibrahim berhasil menjadi juara pertama setelah mengungguli tim Dewa United yang diperkuat oleh Denis Haris Prayogo, Indrawan Prasetyo, Mokhamad Yusuf Afrizal, Muhammad Iqbal, dan Roger Jeremy di peringkat kedua. Kemudian tim Capital Esports yang terdiri dari Arbi Yusuf Ramanda, Fazri Rohi Dedza, I Kadek Arya Wiratama, Li men, dan R. Asnawi di peringkat ketiga.

Pada penutupan acara ekshibisi esports PON XX Papua 2021, Frengky Ong selaku Ketua Pengarah dan Sekjen PB Esports Indonesia menyampaikan bahwa sejak ekshibisi esports PON XX Papua dibuka pada tanggal (21/9) lalu, telah disaksikan kehebatan 188 atlet yang bertanding dengan penuh strategi dan kecerdasan. 

“Para tim telah bermain dalam penuh sportivitas sesuai dengan janji atlet yang dipegang bersama. Menarik untuk kami sampaikan, kemampuan para atlet dari semua daerah terlihat merata ini menjadi sumber daya potensial yang menjanjikan untuk kemajuan prestasi esports di masa yang akan datang. Penampilan seluruh atlet di babak pertama ekshibisi PON XX Papua 2021 pantas untuk mendapatkan pujian dan applause semeriah-meriahnya,” papar Frengky.

Total hadiah dalam pertandingan persahabatan gim Lokapala di PON XX Papua 2021 ini sebesar Rp180 Juta, dengan rincian sebagai berikut:

  • Juara 1: Jeet Esports, hadiah uang Rp100 juta + Piala
  • Juara 2: Dewa United, hadiah uang Rp50 juta
  • Juara 3: Capital Esports, hadiah uang Rp20 juta
  • Juara 4: Pasopati Esports, hadiah uang Rp10 juta

Dengan diselenggarakannya pertandingan persahabatan di PON XX Papua 2021 ini, diharapkan semua kategori gim dan atlet bisa terus maju dan mendapat sambutan yang lebih baik lagi kedepannya. Diharapkan juga nantinya bisa mengangkat kiprah esports Indonesia di kancah dalam negeri maupun di pasar global.

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Artikel Terkait

Berlangganan Sekarang Juga!

Dapatkan informasi BUMN terbaru langsung ke email anda.