Pertamina SMEXPO Berikan Banyak Hal Positif bagi UMKM Ilham Bahari-1

Cerita UMKM Binaan Pertamina yang Dapatkan Hal Positif

Pelaksanaan Pertamina SMEXPO 2020 memberikan banyak hal positif yang dirasakan oleh pesertanya. Salah satu UMKM yang mendapatkan hasil positif ini adalah usaha milik Ilham Bahari. Pengusaha kain tenun asli Palembang, Sumatera Selatan ini mengaku mendapatkan banyak ilmu berharga selama pihaknya mengikuti Pertamina SMEXPO 2020.

“Banyak hal yang kami dapat selama mengikuti SMEXPO tahun lalu. Salah satunya yang saya rasakan adalah dipertemukan dengan mentor-mentor yang berkualitas.” kata Ilham. 

Selain itu, Ilham juga mendapatkan pendampingan dari para kurator yang detail. Hal ini memacu UMKM binaan untuk berkembang lebih baik lagi. Ilham mengatakan, pendampingan itu dilakukan oleh para kurator dengan mengoreksi setiap detail dari kekurangan UMKM. Tapi tidak hanya sekedar mengoreksi, para kurator itu juga memberikan solusi dari kekurangan-kekurangan itu.

Menurut Ilham, yang membuat SMEXPO berbeda dengan eksibisi lain yang pernah diikuti adalah pihaknya diajarkan cara yang baik untuk mendeskripsikan produknya kepada pembeli-pembeli yang berpotensi. Sebagai informasi bahwa pembeli tidak datang dari dalam negeri saja, justru pembelinya ada yang datang dari luar negeri, seperti benua Eropa.

Selain itu, lanjut Ilham, keuntungan yang dia dapatkan ketika mengikuti SMEXPO adalah bantuan untuk mengurus Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atas produknya. 

“Kami seratus persen dibantu untuk pengurusan HKI sebagai salah satu cara mematenkan produk dari UMKM Mitra Binaan Pertamina. Dengan demikian, produk kita tidak dijiplak orang lain dan kita siap bersaing di kancah nasional dan internasional.” kata Ilham. 

Sementara itu, Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan bahwa Pertamina SMEXPO 2021 tetap mempersiapkan program-program yang mendukung UMKM Mitra Binaan agar dapat lebih beradaptasi dengan keadaan terkini dan menggandeng mereka untuk dapat berperan serta di marketplace SMEXPO. 

Pada marketplace Pertamina SMEXPO 2021 tentu audiens dapat menemukan ribuan produk UMKM berkualitas, asli dari hasil karya anak bangsa. Hampir senada dengan pelaksanaan Pertamina SMEXPO tahun lalu, UMKM yang terlibat di dalamnya dibagi menjadi beberapa kategori. Mulai dari kategori Makanan dan Minuman, Busana, Furniture, Kerajinan, Agrobisnis, dan Produk Grosir.

Fajriyah mengungkapkan, dengan “Berani Keren Se-Indonesia” sebagai tagline Pertamina SMEXPO 2021, diharapkan dapat membangkitkan semangat mendukung UMKM Indonesia dengan tampil keren menggunakan produk-produk UMKM. 

“Kalau bukan kita yang mencintai  produk negara kita sendiri, siapa lagi?” kata Fajriyah.

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Artikel Terkait

Berlangganan Sekarang Juga!

Dapatkan informasi BUMN terbaru langsung ke email anda.