MENU
LAPOR HOAX

8 Fakta Menarik Perayaan Tahun Baru Imlek

20 Januari 2023

8 Fakta Menarik Perayaan Tahun Baru Imlek

Kabar BUMN - Perayaan Imlek biasanya dimulai pada hari pertama penanggalan Lunar, dan berakhir di hari ke-15. Sebelum merayakan Imlek pada tanggal 22 Januari 2023 nanti, ada beberapa fakta-fakta menarik Imlek yang wajib Anda ketahui. Simak selengkapnya dalam artikel di bawah ini, yuk!

Tahun Baru Imlek dirayakan oleh 20% penduduk dunia yang berasal dari keturunan Cina, termasuk sebagian warga Indonesia. Ada banyak tradisi dalam merayakan Imlek di berbagai belahan dunia. Biasanya, pada perayaan Imlek menjadi ajang bertemu saudara dan kerabat untuk berbagai makanan, minuman, hingga angpao.

Ada satu fakta menarik dari perayaan Imlek setiap tahunnya. Warna merah dan emas selalu mendominasi berbagai hiasan saat Tahun Baru Imlek tiba. Hal ini ternyata bukan tanpa alasan. Menurut fakta sejarah, hiasan serba merah dan bercahaya; seperti api, ditujukan untuk mengusir monster jahat bernama, Nian.

Tak hanya itu saja, masih ada banyak fakta seputar perayaan Tahun Baru Imlek yang menarik untuk kita ketahui:

Disebut Festival Musim Semi

Selain disebut Imlek, masyarakat Cina juga menyebutnya perayaan ini sebagai Festival Musim Semi; Chun Jie. Hal ini dikarenakan Tahun Baru Imlek selalu menandakan pergantian musim dingin menuju musim semi, yakni pada bulan Januari atau Februari.

Libur Nasional Terpanjang

Kalau di Indonesia kita hanya dapat jatah satu kali tanggal merah, atau hari libur nasional. Berbeda dengan di Cina. Sebab, Tahun Baru Imlek dijadikan hari libur nasional terpanjang yang ada di Cina, yakni selama 40 hari. Hal ini ditujukan untuk merayakan Festival Musim Semi bersama keluarga.

Tidak Ada Tanggal Pasti

Belum banyak yang tahu, faktanya Tahun Baru Imlek tidak punya tanggal yang pasti. Festival Musim Semi ini biasanya jatuh pada tanggal 21 Januari hingga 20 Februari. Tentu berbeda dengan Natal yang dirayakan pada tanggal 25 Desember setiap tahunnya.

Bukan Gong Xi Fa Cai, Tapi …

Kebiasaan masyarakat Indonesia pada saat Imlek kerap mengucapkan Gong Xi Fa Cai. Faktanya, ucapan ini tidak ada hubungannya dengan Imlek, lo! Ungkapan ini artinya mendoakan orang untuk mendapat kekayaan, dan jarang digunakan oleh orang asli Cina. Supaya lebih tepat, Anda bisa menggantinya dengan ucapan "Xin Nian Kuai Le", yang artinya mendoakan untuk kesejahteraan atau keselamatan orang yang dituju.

Bebersih Rumah

Satu fakta menarik dari perayaan Imlek, biasanya 1-2 minggu sebelum Imlek akan bebersih rumah. Hal ini menjadi simbol membuang keburukan yang menghalangi keberuntungan masuk ke rumah. Akan tetapi, saat Hari Raya Imlek tiba, justru tidak ada orang yang membersihkan rumah, karena dianggap menolak keberuntungan yang datang.

Membeli Baju Baru

Fakta perayaan Imlek yang juga menjadi ciri khas adalah selalu ada baju baru. Menjelang Imlek biasanya orang Tionghoa akan membeli baju dengan berwarna merah. Tujuannya untuk melambangkan keberuntungan, kesehatan, hingga untuk mengusir roh jahat.

Pemberian Angpao

Seperti yang kita tahu, pemberian angpao menjadi salah satu tradisi dalam perayaan Tahun Baru Imlek. Akan tetapi, ada satu fakta menarik dari pemberian angpao. Biasanya, jumlah uang dalam angpao berbeda-beda tergantung pendapatan pribadi, dan bagi yang belum menikah tidak diharuskan memberi angpao.

Dirayakan 15 Hari

Fakta Tahun Baru Imlek yang terakhir adalah durasi perayaan yang mencapai 15 hari. Biasanya, tahun baru ini digunakan untuk berkumpul dengan keluarga, menghidupkan kembang api, hingga merayakan Cap Go Meh setelah Imlek. Tak heran kalau ada banyak pertunjukan budaya seperti tarian singa dan tarian rakyat saat Imlek.