MENU
LAPOR HOAX

Paket Wisata Lengkap dari Gunung Hingga Pantai

13 Januari 2023

Paket Wisata Lengkap dari Gunung Hingga Pantai

Kabar BUMN - Saat berlibur, biasanya kita cenderung memilih tujuan yang bisa memberikan bermacam jenis wisata. Yogyakarta bisa menjadi pilihan jika Anda ingin mendapatkan paket wisata lengkap.

Siapa yang tidak mengenal Yogyakarta? Selain dijuluki Kota Pelajar, Yogyakarta dikenal dengan beragam tempat wisata yang menyegarkan mata dan pikiran. Tidak heran kalau Yogyakarta masih menjadi favorit destinasi liburan.

Anda bisa menemukan beragam destinasi wisata, mulai dari pegunungan, hiburan di pusat kota, hingga daerah pesisir pantai yang indah-indah. Sekadar informasi, Yogyakarta terbagi menjadi lima kota, yakni Sleman, Kota Yogyakarta, Bantul, Gunungkidul, dan Kulon Progo.

Setiap wilayah di Yogyakarta menyimpan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut beberapa rekomendasinya:

Pantai Wediombo

Bisa dibilang, Gunungkidul menjadi tempat paling tepat untuk mencari pantai-pantai yang indah di Yogyakarta. Salah satu pantai indah tersebut adalah Pantai Wediombo. Hamparan pasir putih, karang yang terjaga di bawah air, hingga dikelilingi tebing makin mempercantik Pantai Wediombo. Untuk makin menikmati keindahan bawah air di Pantai Wediombo, Anda bisa mencoba snorkeling, atau memacu adrenalin dengan berselancar di pantai ini.

Merapi Park

Salah satu destinasi wisata kekinian di Yogyakarta, dan cocok sebagai destinasi liburan akhir tahun bersama keluarga adalah Merapi Park. Tempat ini menyuguhkan miniatur landmark dari berbagai negara, mulai dari Brandenburg Gate, Menara Pisa, Kincir Angin Belanda, hingga Eiffel Tower.

Yup, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang mencari spot foto instagramable. Namun, selain berfoto Anda juga bisa mengelilingi taman di Merapi Park sambil naik kuda. Lokasi Merapi Park berada di Jalan Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman.

Keraton Yogyakarta

Bagi Anda yang mau belajar tentang budaya dan sejarah Yogyakarta, Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta tujuan yang tepat. Di sini kita bisa melihat koleksi-koleksi kerjaan yang unik dan antik. Seperti keris, beskap, batik, hingga kereta kerajaan yang dipamerkan. Keraton Yogyakarta berlokasi di Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta.

Gua Tritis

Bagi Anda yang ingin merayakan liburan Natal dan Tahun Baru sambil wisata rohani, bisa mengunjungi Gua Tritis. Gua unik karena proses terbentuk secara alami. Jadi, Anda bisa menikmati keindahan stalaktit dan stalagmit di dalam gua, sekaligus memanjatkan doa di sana. Gua Tritis berlokasi di daerah Bulu, Giring, Paliyan, Gunungkidul, Yogyakarta.

Kebun Teh Nglinggo

Bagi Anda yang ingin melepaskan penat sambil merasakan udara yang sejuk, bisa berkunjung ke Kebun Teh Nglinggo di perbukitan Menoreh, Kulon Progo. Wisata ini menawarkan hamparan kebun teh dan hawa yang sangat menyejukkan. Jika cuaca sedang cerah, Anda bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu dari kawasan Kebun Teh Nglinggo ini, lo!

Wisata Kuliner di Yogyakarta

Setelah puas mengelilingi tempat wisata yang ada di Yogyakarta, Anda bisa mencicipi kuliner khas Yogyakarta. Salah satu yang paling kesohor adalah gudeg. Terbuat dari nangka muda yang direbus berjam-jam, dengan gula merah dan santan. Gudeg punya cita rasa yang manis sesuai dengan selera masyarakat Yogyakarta.

Selain gudeg, Anda bisa menikmati kuliner khas Yogyakarta lainnya, seperti sate klathak dari Bantul, tengkleng gajah di Sleman, belalang goreng khas Gunungkidul, atau oleh-oleh legendaris dari Yogyakarta: bakpia.

Foto: Doks. Pesona Travel/Kemenparekraf