MENU
LAPOR HOAX

Wisata Sambil Belajar Sejarah di Kalimantan Barat

12 Januari 2023

Wisata Sambil Belajar Sejarah di Kalimantan Barat

Kabar BUMN - Selain memiliki kelenteng Tri Dharma Bumi Raya yang dibangun pada 1878, Singkawang juga terkenal dengan kerajinan keramik Cina yang diproduksi dengan gaya lama.

Seperti berbagai destinasi wisata lain di Indonesia, Kalimantan Barat juga menawarkan tujuan wisata yang menarik dan unik. Bahkan, kalau dijelajahi lebih dalam, banyak hidden gems yang bisa Anda temukan saat liburan ke Kalimantan Barat.

Sudah menjadi rahasia umum jika Kalimantan Barat menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal memiliki beragam destinasi wisata alam terbaik. Meski begitu, wisata alam bukan menjadi satu-satunya daya tarik dari provinsi dengan ibu kota Pontianak ini.

Masih ada banyak ragam wisata di Kalimantan yang tidak kalah menarik untuk dijelajahi. Mulai dari wisata budaya, wisata sejarah, wisata rohani, hingga wisata kuliner.

Wisata Alam

Provinsi Kalimantan Barat kaya akan keindahan alam yang masih sangat asri. Itu mengapa, banyak wisatawan menjadikan Kalimantan Barat sebagai destinasi liburan Nataru 2023.

Dari banyaknya destinasi wisata yang dimiliki, Sungai Kapuas masuk dalam rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi saat liburan ke Kalimantan Barat. Menjadi sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 kilometer, Sungai Kapuas menawarkan pemandangan hijau yang asri.

Selain menyusuri Sungai Kapuas sambil naik kapal, Anda bisa coba berkunjung ke Air Terjun Riam Kuweg. Termasuk hidden gems di Kalimantan Barat yang sayang dilewatkan. Pasalnya, air terjun setinggi 50 meter ini air jernih dan panorama yang sangat menawan.

Wisata Kuliner

Ada banyak olahan makanan khas yang lezat dan pastinya bikin ketagihan sejak suapan pertama. Salah satunya pengkang, makanan tradisional berbahan ketan dengan isian udang ebi yang dibungkus daun pisang. Dibakar dengan bara dari batok kelapa, menghasilkan cita rasa gurih yang khas.

Kalau ingin yang lebih mengenyangkan, Anda bisa mencoba makanan khas Kalimantan Barat yang tidak kalah lezat. Di antaranya: bubur ikan, bubur pedas, dan ketupat colet.

Wisata Budaya

Potensi wisata Kalimantan Barat juga ada pada wisata budaya yang masih dilestarikan sampai sekarang. Seperti misalnya rumah Betang Ensaid Panjang di Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Sambil berkeliling, Anda berkesempatan melihat proses pembuatan kain tenun tradisional khas Kalimantan Barat. Bahkan, Anda juga bisa belajar tentang tradisi suku Dayak yang fenomenal.

Selain itu, Anda juga bisa berkunjung ke Kota Singkawang untuk merasakan atmosfer oriental. Selain memiliki kelenteng Tri Dharma Bumi Raya yang dibangun pada 1878, Singkawang juga terkenal dengan kerajinan keramik Cina yang diproduksi dengan gaya lama.

Wisata Sejarah

Siapa yang mengira, ternyata Kalimantan Barat termasuk destinasi wisata sejarah dan edukasi yang menarik dikunjungi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya tempat wisata yang menyimpan sejarah dan peninggalan masa lampau.

Salah satu destinasi wisata sejarah di Kalimantan Barat yang menarik dikunjungi adalah Istana Kadriah, yaitu bangunan keraton bekas kesultanan Pontianak pada abad 17. Di sini, Anda bisa melihat benda-benda peninggalan asli kerajaan, seperti: singgasana, kaca pecah seribu, dan foto keluarga sultan.

Selanjutnya, Anda bisa mengunjungi Museum Kalimantan Barat yang berlokasi di Kecamatan Pontianak Selatan. Museum seluas 3.905 meter persegi ini menyimpan berbagai benda bersejara, seperti guci keramik, kain tenun berbagai corak, hinga baju adat.

Foto: Dok. Kemenparekraf