MENU
LAPOR HOAX

Linkumkm Outlook: Perempuan Penggerak Ekonomi Masa Kini

22 Desember 2022

Linkumkm Outlook: Perempuan Penggerak Ekonomi Masa Kini

Kabar BUMN -  Sukses dengan perhelatan LinkUMKM Outlook 2022, BRI Research Institute kembali menyelenggarakan LinkUMKM Outlook 2023 dengan tema UMKM Perempuan Penggerak Ekonomi Masa Kini: Membangkitkan UMKM Perempuan dan Kelompok Ekonomi Mikro Indonesia pada tanggal 22 Desember Tahun 2022 dan dihadiri oleh 400 partisipan yang mengikuti kegiatan pada Zoom dan Youtube.

Kegiatan yang diselenggarakan secara daring ini menghadirkan perempuan-perempuan hebat untuk membagikan kisah inspiratif mereka dalam bertahan dan membantu perekonomian keluarga dalam masa pemulihan pasca pandemi.

LinkUMKM Outlook 2023 dibuka oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil & Menengah Republik Indonesia Teten Masduki dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia I Gusti Ayu Bintang Darmawati dengan membahas Strategi Membawa UMKM Go Digital di Tahun 2023 dan Melihat Potensi Besar UMKM Perempuan di Indonesia.

Teten Masduki menerangkan bahwa pelaku UMKM perempuan memegang peranan penting sebagai salah satu penggerak pembangunan ekonomi nasional dengan bukti perolehan data sejumlah 64,5% dari total UMKM di Indonesia.

“Pelaku UMKM perempuan merupakan penggerak strategis dalam pembangunan ekonomi nasional dan hampir 11.000 koperasi perempuan terbukti lebih resilien dalam menghadapi guncangan ekonomi,” ujar Teten Masduki saat menyampaikan keynote speech-nya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama I Gusti Ayu Bintang Darmawati menekankan bahwa melihat berbagai kemajuan dalam kehidupan perempuan terus terlihat, sehingga potensi perempuan secara nyata tidak bisa dipandang sebelah mata.

“Peran perempuan tidak bisa dipandang sebelah mata, jauh sebelum Indonesia merdeka perempuan telah berkumpul untuk menyatukan gagasan, pendapat dan pemikirannya untuk mendorong kesetaraan dan kesempatan,“ terang I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Senada, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya juga menegaskan bukti nyata peran perempuan dalam keterlibatannya terhadap kesejahteraan keluarga dan ekonomi nasional.

“Perempuan secara nyata ikut memberikan kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan. Tidak hanya di bidang ekonomi keluarga, namun juga ekonomi nasional,” jelas Atalia Praratya saat memberikan sambutan pada kegiatan LinkUMKM 2023.

Dalam acara LinkUMKM Outlook 2023 kali ini, turut menghadirkan pembicara-pembicara perempuan yang menekuni atau ahli di bidang pemberdayaan UMKM dan Digital yang dibagi dalam dua sesi pemaparan yang dimoderatori oleh Nilam Nirmala Anggraini selaku Project Manager BRI Research Institute.

Sesi pertama pada kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah DKI Jakarta Elisabeth Ratu, dilanjutkan dengan Public Policy & Government Relations Lead Tokopedia Rahmia Hasniasari, Product Manager Pasangiklan.com dari Kompas.com Group Erfianti Yulianda, dan Ketua Pusat Kewirausahaan Universitas Balikpapan Indrayani, M.Pd sebagai penutup sesi pemaparan yang pertama.

Mengusung topik pembicaraan yaitu Akselerasi Penguatan Kelompok Ekonomi Mikro Menuju Go Digital, seluruh narasumber memberikan wawasan-wawasan baru terkait tantangan yang akan dihadapi oleh para pelaku usaha ekonomi mikro di Indonesia dan peluang yang dapat diterapkan untuk UMKM Naik Kelas menjadi Go Digital.

Masuk pada sesi kedua, turut menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif yang berpengalaman dalam bidang pemberdayaan UMKM dengan terjun langsung dalam kegiatan pemberdayaan tersebut. Mengangkat topik Pemaksimalan Pemberdayaan Perempuan Naik Kelas di Indonesia, dalam kesempatan ini sesi paparan kedua diisi oleh tiga orang narasumber untuk memberikan wawasan terkini mengenai peluang besar yang dimiliki Pelaku Usaha UMKM khususnya perempuan untuk dapat memanfaatkan peluang-peluang tersebut.

Pemaparan dimulai oleh Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Ekonomi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Eni Widiyanti, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman Prof. Rifda Naufalin, dan ditutup oleh Pusat Inkubasi Bisnis Oorange Universitas Padjajaran In-in Hanidah.  

Pelaku usaha perempuan inspiratif juga hadir dalam sesi UMKM sharing & insight. Pelaku usaha perempuan ini adalah mereka yang telah berjasa dalam memberdayakan perempuan di lingkungannya. Pelaku usaha yang hadir di antaranya Ketua Asosiasi Wanita Pengusaha Makanan Ringan (Aswapemari) Banjarnegara Ibu Sukini, Koordinator Pengusaha UMKM Perempuan Adat IKN Ibu Ida, Manajer Inkubasi Bisnis Universitas Udayana Ibu Agung, Founder Elemwe Ibu Lily, dan Nasabah Mekaar Naik Kelas & Founder Rayscake & Catering Ibu Fitriyah.