MENU
LAPOR HOAX

Keuntungan Mengikuti Organisasi dalam Kehidupan Sosial

18 November 2022

Keuntungan Mengikuti Organisasi dalam Kehidupan Sosial

Kabar BUMN - Organisasi merupakan wadah bagi orang dengan visi dan misi yang sama. Gabung dalam sebuah organisasi ternyata ada banyak keuntungan, lho! Salah satunya dapat melatih jiwa kepemimpinan kita, hingga kemudahan bersosialisasi. 

Saat masih bersekolah, kita sudah diajarkan berorganisasi. Baik itu dengan gabung dalam OSIS, atau kelompok ekstrakurikuler. Saat memasuki dunia kerja profesional pun, kita masih tetap dituntut aktif dalam organisasi, atau dalam diskusi internal perusahaan.

Tidak hanya di lingkungan kantor, kita juga bisa aktif berorganisasi di luar kantor. Ada banyak organisasi yang bisa kita ikuti. Biasanya, organisasi ini merujuk pada minat atau hobi yang sama. 

Artinya, dalam organisasi kita bertemu dengan orang-orang yang memiliki pemikiran yang sama dengan kita. Tanpa disadari, gabung dalam organisasi tak sekadar menambah teman saja. 

Ada banyak keuntungan dan manfaat gabung organisasi yang sangat baik untuk kehidupan sosial kita. Apa sajakah itu?

Melatih kerja sama

Dalam organisasi ada pembagian kerja dan struktur yang jelas untuk anggotanya. Meskipun semuanya memiliki tugas masing-masing, tapi semua tugas dan tanggung jawab saling berkaitan. Jadi, proses penyelesaian jauh lebih cepat dan mudah. Itu artinya, kita dan anggota organisasi harus bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. 

Melatih jiwa kepemimpinan

Saat tergabung dalam suatu organisasi, jiwa kepemimpinan kita turut terlatih. Pasalnya, setiap individu dalam organisasi adalah pemimpin untuk dirinya sendiri dan orang lain. Menjadi pemimpin bukan berarti menyuruh-nyuruh, ya! 

Pemimpin bisa berupa memberi contoh yang baik. Misalnya, datang tepat waktu dan menghargai orang lain yang sedang berbicara.

Membangun relasi

Sebagai anggota masyarakat yang aktif organisasi, kita bisa menambah relasi atau memperbanyak lingkungan pertemanan. Ini karena, dalam organisasi kita sering bekerja sama dan berinteraksi dengan anggota yang lain. Makanya, tidak heran kalau lingkungan pertemanan kita makin banyak dan bervariasi. 

Melatih kesopanan 

Keuntungan mengikuti organisasi juga dapat melatih kita menjadi pribadi yang sopan dan santun. Pasalnya, kita dilatih untuk menghargai anggota lain dalam organisasi.

Seperti menghargai orang lain saat menyampaikan pendapat, dan mengemukakan ide sendiri dengan santun. Dengan kebiasaan ini, kita terlatih untuk menjaga kesopanan di mana pun Anda berada. 

Menumbuhkan rasa percaya diri

Rasa percaya diri selalu dibutuhkan dalam bersosialisasi di masyarakat. Dengan mengikuti organisasi, kita makin sering bertemu banyak orang dengan berbagai latar belakang yang berbeda-beda. Tanpa disadari, hal ini juga akan melatih rasa percaya diri kita untuk ikutan “nimbrung” dengan banyak orang dalam organisasi.