MENU
LAPOR HOAX

Destinasi Wisata di Ujung Kulon, Ketemu Hewan Langka!

3 November 2022

Destinasi Wisata di Ujung Kulon, Ketemu Hewan Langka!

Kabar BUMN - Selain terkenal dengan taman nasional habitat badak bercula satu yang langka, Ujung Kulon juga menyimpan destinasi wisata menarik. Berikut rekomendasi wisata di Ujung Kulon yang bisa Anda kunjungi.

Taman Nasional Ujung Kulon adalah salah satu Situs Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO. Taman Nasional ini berada di Banten, tepatnya di bagian paling barat Pulau Jawa.

Uniknya, Taman Nasional ini dulunya kawasan pertanian yang sangat subur pada masa kerajaan Hindu menguasai Nusantara. Sayangnya, sejak tragedi Krakatau (1883), kawasan yang luasnya lebih dari 100 hektare ini berubah menjadi hutan, sekaligus menjadi rumah untuk spesies badak Jawa atau badak bercula satu. 

Selain dinobatkan sebagai kawasan pelestarian alam dan perlindungan hewan, kawasan Taman Nasional Ujung Kulon dikembangkan sebagai destinasi wisata yang patut dikunjungi. 

Berikut beberapa destinasi wisata di Ujung Kulon yang menarik untuk dikunjungi:

Pulau Peucang 

Destinasi wisata di Ujung Kulon yang pertama dan paling terkenal adalah Pulau Peucang. Kurang lengkap rasanya kalau ke Ujung Kulon tapi melewatkan keindahan pasir putih dan perairan jernih yang ada di pulau ini. 

Selain keindahan pasir, Anda bisa menikmati keindahan matahari terbenam, berenang di pantai, hingga snorkeling di perairan Pulau Peucang yang sangat indah. Fasilitas di Pulau Peucang juga cukup lengkap, bahkan sudah ada penginapan yang sangat memadai. 

Pulau Oar

Salah satu pulau kecil yang ada di kawasan Taman Ujung Kulon, Pulau Oar. Yap, pulau ini terbilang cukup kecil, karena luas pulau ini hanya seluas lapangan basket. Meski begitu, pulau mungil ini dikaruniai keindahan alam yang luar biasa indahnya, pasir putih yang lembut, dan perairan dengan ombak yang tenang. Sehingga cocok untuk dijadikan destinasi liburan bersama keluarga.

Pulau Panaitan

Dari Pulau Peucang, Anda bisa menyeberang ke Pulau Panaitan untuk menikmati keindahan biota laut yang masih terjaga dengan sangat baik. Menariknya, di pulau ini juga terdapat hutan-hutan alami berupa hutan bakau, hutan pantai, dan hutan hujan. 

Selain itu, keadaan hutannya juga masih asli, dan dihuni berbagai jenis satwa liar, seperti rusa, kancil, babi hutan, kera ekor panjang, ular piton, dan aneka jenis burung.

Pulau Handeleum

Satu lagi pulau yang tak boleh Anda lewatkan saat liburan ke Ujung Kulon, yakni Pulau Handeleum. Pulau ini cocok buat yang suka berkemah di alam terbuka. Sebab, Anda bisa mendirikan tenda di pesisir pantai. 

Sedangkan untuk mengisi waktu liburan, Anda bisa mengelilingi hutan bakau menggunakan perahu karet, dan melihat biota laut seperti kepiting, ikan, hingga udang. 

Padang Rumput Cidaon

Selain mengunjungi wisata pantai, Anda bisa melihat berbagai hewan liar yang ada di Padang Rumput Cidaon. Seperti banteng, kerbau, sapi, hingga burung merak. Kalau Anda beruntung, Anda bisa menemukan badak bercula satu yang langka di Padang Rumput Cidaon, lho! 

Namun, untuk mengelilingi destinasi ini Anda tidak bisa sendirian. Karena banyak hewan liar yang cukup berbahaya, jadi butuh pemandu yang disediakan pihak Taman Nasional. 

Foto: Kompas.com