MENU
LAPOR HOAX

Spot Surfing Terbaik di Indonesia Kelas Dunia

30 September 2022

Spot Surfing Terbaik di Indonesia Kelas Dunia

Kabar BUMN - Selain memiliki pantai yang indah, Indonesia dikenal sebagai salah satu tempat bermain surfing terbaik di dunia. Bagi Anda yang tertarik menjajal adrenalin dengan bermain surfing, berikut beberapa destinasi surfing untuk melatih kemampuan berselancar Anda di lautan.

Olahraga air menjadi kegiatan yang sangat sangat menyenangkan. Salah satu olahraga air yang digemari banyak orang adalah surfing. Ditambah lagi, Indonesia juga punya banyak tempat-tempat bermain surfing terbaik yang sangat menantang untuk dijajal.

Biasanya, surfing dilakukan untuk bersenang-senang di atas ombak. Karena itu, para surfer selalu mengincar ombak besar untuk memacu adrenalin. Indonesia dikenal sebagai surganya bermain surfing di dunia. Karena, ada banyak pantai yang sering dijadikan tempat bermain surfing. Bahkan, beberapa di antaranya telah diakui dunia.

Berikut ini beberapa spot surfing terbaik di Indonesia yang bisa Anda taklukkan: 

Uluwatu, Bali

Berbicara tentang spot surfing di Indonesia, Uluwatu menjadi destinasi berselancar paling terkenal. Ombak di Uluwatu dikenal sebagai destinasi surfing sejak 70-an. Tak heran kalau Uluwatu dikenal sebagai tempat surfing terbaik yang ada di Bali. Ada dua pantai di Uluwatu yang bisa Anda kunjungi, yakni Pantai Green Bowl dan Pantai Impossible yang memiliki ombak tinggi, dan menjadi incaran para surfer kelas dunia untuk ditaklukkan.

Pantai Kuta, Bali

Salah satu tempat surfing terbaik yang banyak digemari wisatawan lokal dan mancanegara adalah Pantai Kuta, Bali. Menariknya, ombak di Pantai Kuta termasuk yang ramah dengan surfer pemula hingga profesional. Karena itu, pantai ini selalu ramai dikunjungi untuk berlatih surfing.

Pantai Plengkung, Banyuwangi

Pantai Plengkung yang berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur dikenal sebagai Hawaii-nya Indonesia. Pantai ini dikenal sebagai G-Land, dengan ketinggian ombak mencapai 6-8 meter, dengan panjang 2 kilometer. 

Ombak besar tersebutlah yang menantang untuk ditaklukkan para surfer dunia. Bahkan, belum lama ini di Pantai Plengkung diadakan lomba tingkat internasional bertajuk "Banyuwangi G-Land International Team Challenge" yang diikuti oleh 12 tim dari berbagai negara. 

Pulau Panaitan, Banten

Pulau Jawa juga memiliki spot surfing yang tak kalah menantang di tingkat dunia, lo! Tempat tersebut adalah Pulau Panaitan, yang memiliki 7 spot surfing, dan 4 di antaranya cukup populer di kalangan surfer dunia. Seperti, One Palm Point, Apocalypse, Napalms, dan Pussy. Di spot One Palm Point, menyuguhkan tantang berupa ombak dengan interval 800 meter!

Pulau Nias, Sumatera Utara

Bagi peselancar Internasional, Pulau Nias dikenal memiliki ombak yang fantastis. Di Pulau Nias, ada dua tempat surfing paling terkenal, yaitu Pantai Sorake dan Pantai Lagundri. Ombaknya bisa dibilang sempurna dengan tinggi mencapai 4 meter. Dua spot surfing di Nias adalah The Point dan Indicator. 

Dylan's Right, Aceh 

Salah satu tempat berselancar yang ramah bagi pemula berikutnya Pantai Matanurung, Simeulue. Tantangan yang ada di sini berupa ombak yang dijuluki "Long Tube Barrels", karena tidak terlalu besar, tapi memiliki reef breaks yang membuat peselancar bisa bertahan lama di atas ombak. 

Jadi, sudah siap surfing di salah satu spot di atas?