MENU
LAPOR HOAX

Studi Banding, PT Tirta Investama Subang Kunjungi PT DAHANA

21 September 2022

Studi Banding, PT Tirta Investama Subang Kunjungi PT DAHANA

Kabar BUMN - Dalam rangka mempelajari penguatan sistem manajemen, khususnya di bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja, PT Tirta Investama Subang mengunjungi Kantor Manejemen (Kampus) DAHANA, Subang.

Rombongan tim Tirta Investama disambut oleh Senior Manajer Produksi DAHANA, Erwin Cipta Mulyana Bersama team Energetic Material Center pada Rabu, 21 September 2022. Dalam sambutannya, Erwin menerangkan sekilas perjalanan DAHANA yang lahir dari Proyek Menang Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI), dan sempat bermarkas di Tasikmalaya. Namun karena kebutuhan ekspansi produksi, DAHANA pindah ke Kabupaten Subang dengan luas lahan hampir 600 hektar.

“Di DAHANA, kami memiliki Sistem Manajemen DAHANA (SIMADA) yang mengintegrasikan sistem manajemen mutu, manajemen K3, dan manajemen lingkungan. DAHANA merupakan perusahaan plat merah yang memiliki kekhususan, berbeda dengan yang lainnya, DAHANA bergerak di industri bahan peledak, dimana dari proses produksi hingga pemusnahan bahan peledak dilalui melalui prosedur keamanan dan safety yang ketat,” ujar Erwin.

Kepala Pabrik PT Tirta Investama, Dwi Nofriyadi menyampaikan kekagumannya pada DAHANA, dimulai dari branding kantor yang dinamakan Kampus seperti tempat belajar, hingga komitmen DAHANA menjadi industri hijau yang telah diakui banyak pihak.

“Mudah-mudahan acara hari ini berjalan dengan lancar, dan kita bisa saling berdiskusi tentang manajemen di kedua perusahaan. Kami juga ingin belajar tentang industri hijau DAHANA, dan bagaimana mempertahankannya. Karena untuk mendapatkan tentu lebih mudah dibanding dnegan mempertahankan yang sudah diraih,” ungkap Dwi.

Sejak awal perpindahan DAHANA ke Subang, DAHANA telah menunjukkan komitmennya terhadap pelestarian lingkungan hidup. Hal ini diwujudkan dengan konsep pembangunan gedung manajemen pusat yang berwawasan hijau, dan mendapatkan sertifikat green building level platinum pertama di Indonesia.

Selain itu, DAHANA juga terus membangun berbagai produk berwawasan lingkungan, seperti pemanfaatan oli bekas untuk memproduksi bahan peledak, tanpa mengurangi kemampuan dan kualitas peledakan. Komitmen hijau juga ditunjukkan oleh unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) DAHANA, dengan memberikan bantuan pohon dan peralatan perawatannya kepada masyarakat Subang.