MENU
LAPOR HOAX

Koperasi Nelayan Kelola SPBUN Bekerja Sama dengan Pertamina Patra Niaga

20 September 2022

Koperasi Nelayan Kelola SPBUN Bekerja Sama dengan Pertamina Patra Niaga

Kabar BUMN - Pembelian Solar tersebut nantinya akan menggunakan sistem barcode dan harus terdaftar sebagai anggota koperasi.

Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki melakukan kunjungan kerja ke Surabaya, salah satu agendanya yakni melakukan kunjungan ke Koperasi Jasa Bahari Enam Empat (Koperasi Nelayan) yang terletak di Jalan Nambangan Perak No.51A Surabaya, Rabu (14/09/2022).

Dalam kegiatan tersebut Teten Masduki didampingi oleh Ahmad Zabadi, Deputi Perkoperasian beserta beberapa pejabat dari Kementerian Koperasi dan UKM. Turut dihadiri oleh Executive General Manager Pertamina Patra Niaga region Jatimbalinus, Deny Djukardi , Direktur Small & Medium Business BRI, Amam Sukriyanto dan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah provinsi Jawa Timur, Andromeda Qomariah.

Dalam kunjungan tersebut Teten Masduki melakukan dialog dengan para nelayan dengan tujuan untuk mendorong penguatan kelembagaan koperasi nelayan guna peningkatan kehidupan nelayan yang lebih sejahtera. Salah satunya melalui program SOLUSI Nelayan yang berarti Solar untuk Koperasi Nelayan melalui rencana pembangunan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBUN) bekerja sama dengan Pertamina Patra Niaga regional Jatimbalinus yang nantinya SPBUN tersebut akan dikelola oleh Koperasi Nelayan Bahari Enam Empat di wilayah tersebut. Hal tersebut sejalan dengan arahan dari  Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk meningkatkan taraf kesejahteraan nelayan yakni dengan memperkuat koperasi di sektor perikanan.

“Kami dari Kementerian Koperasi dan UKM bersama dengan BRI dan Pertamina serta Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan bekerja sama untuk mendukung rencana pembangunan SPBUN dengan jenis BBM Solar di wilayah ini, tentunya dengan pengawasan bersama agar peruntukan solar untuk nelayan tersebut tepat sasaran,” ujar Teten. Pembelian Solar tersebut nantinya akan menggunakan sistem barcode dan harus terdaftar sebagai anggota Koperasi,” tambah Teten.

Sementara itu Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Deny Djukardi menyambut baik upaya peningkatan kesejahteraan nelayan melalui rencana pembangunan SPBUN yang akan dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM di desa Nelayan Nambangan Perak. Deny menekankan bahwa Pertamina akan terus melakukan koordinasi dengan lembaga-lembaga penyalur seperti SPBUN agar penyaluran BBM khususnya Solar bagi nelayan dapat terpenuhi sesuai dengan peruntukkannya.

“Kami dari Pertamina siap bekerja sama dengan para pihak untuk mendukung kelancaran penyaluran BBM ke nelayan, salah satunya melalui rencana pembangunan SPBUN di desa Nambangan Perak ini dan akan bekerja sama dengan Koperasi Bahari Enam Empat”’ ujar Deny.

“Semoga dengan program ini kebutuhan BBM nelayan dapat terpenuhi sehingga dapat semakin meningkat kesejahteraannya,” pungkas Deny.