MENU
LAPOR HOAX

Tips Memulai Budidaya Tanaman Hidroponik bagi Pemula

19 September 2022

Tips Memulai Budidaya Tanaman Hidroponik bagi Pemula

Kabar BUMN - Budidaya tanaman hidroponik makin digemari banyak orang. Khususnya masyarakat perkotaan yang mau memanfaatkan lahan terbatas di rumah. Bagi Anda yang sedang bersiap memulai budidaya tanaman hidroponik, baca tips-tips berikut ini terlebih dahulu.

Bagi yang masih asing, hidroponik adalah cara budidaya tanaman dengan memanfaatkan air, bukan tanah. Salah satu keunggulan dari budidaya tanaman jenis ini adalah dapat dilakukan di lahan yang terbatas. Makanya, hidroponik menjadi salah satu cara berkebun yang seru dan bisa dilakukan di rumah. 

Tidak hanya menanam sayuran dan buah-buahan, budidaya tanaman hidroponik juga bisa digunakan untuk menanam bunga hingga tanaman herbal, lo! Selain digunakan untuk kebutuhan sendiri di rumah, bagi Anda yang ingin memulai bisnis tanaman hidroponik juga dinilai cukup menguntungkan.

Nah, apa saja yang harus dilakukan untuk memulai menanam tanaman hidroponik? Berikut adalah tips-tipsnya: 

Mulai dengan alat sederhana

Untuk memulai budidaya hidroponik, Anda bisa memulai dari alat yang sederhana. Memang, ada yang menjual starter kit untuk budidaya hidroponik dengan harga yang cukup terjangkau. Akan tetapi, Anda bisa memanfaatkan botol bekas, baskom nasi, dan styrofoam sebagai media tanam untuk bibit tanaman hidroponik Anda. 

Belajar dari komunitas hidroponik 

Untuk mengasah pengetahuan kita tentang segala hal yang berkaitan dengan hidroponik, Anda bisa mengikuti komunitas yang tersebar di media sosial. Melalui komunitas ini Anda bisa belajar dari orang yang telah berpengalaman, ataupun menimba informasi dari mereka yang menekuni budidaya hidroponik. Karena itu, jangan malu untuk bertanya di forum, ya!

Pilih tanaman yang mudah

Kalau Anda baru memulai budidaya tanaman dengan teknik hidroponik, pastikan Anda memilih tanaman yang perawatannya mudah dan sering dikonsumsi, ya! Misalnya, tanaman sayur-sayuran maupun buah-buahan. 

Sebab, saat panen kita dapat mengonsumsinya sendiri. Biasanya mengonsumsi hasil panen sendiri akan membuat kita bangga, dan makin menekuni budidaya tanaman hidroponik.

Cari lokasi yang langsung pas

Kalau Anda memiliki lahan rumah yang terbatas, Anda tak perlu khawatir. Sebab, budidaya tanaman hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas. Anda bisa bercocok tanam di halaman rumah ataupun balkon rumah. Satu catatan, perhatikan sinar matahari yang masuk ke rumah, agar tanaman dapat tumbuh dengan cepat dan lebih subur. 

Sterilkan tanaman

Bagian penting saat bercocok tanam dengan metode hidroponik, Anda harus menjaga tanaman tetap steril. Caranya, selalu bersihkan pangkal batang tanaman dengan sempurna. Misalnya, saat Anda mau menanam daun bawang, Anda harus membersihkan akar tanaman terlebih dulu. Tujuannya, agar tanaman tidak mudah busuk. 

Nah, itulah beberapa tips memulai bercocok tanam dengan metode hidroponik, selamat mencoba di rumah!