MENU
LAPOR HOAX

Tawangmangu, Destinasi Wisata Herbal dan Jamu Khas

13 September 2022

Tawangmangu, Destinasi Wisata Herbal dan Jamu Khas

Kabar BUMN - Sebagai salah satu destinasi wisata herbal di Indonesia, Tawangmangu memiliki berbagai olahan herbal yang menyimpan banyak khasiat untuk tubuh. Mulai dari mengobati maag, hipertensi, maupun tekanan darah tinggi. 

Tawangmangu, Jawa Tengah terpilih sebagai salah satu destinasi wisata herbal (herbal tourism) di Indonesia. Ditetapkannya Tawangmangu sebagai daerah tujuan herbal tourism dilandaskan pada kehadiran Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) di kawasan tersebut.

Sekadar informasi, wisata herbal merupakan konsep pariwisata yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan, kebugaran fisik, serta memulihkan kondisi spiritual dan mental wisatawan. Ditetapkannya Tawangmangu sebagai destinasi wisata herbal tidak lepas dari adanya pusat kesehatan herbal milik Kementerian Kesehatan, yang mendorong perkembangan herbal tourism di Indonesia. 

Di sisi lain, ada beberapa alasan ditetapkannya Tawangmangu sebagai destinasi wisata herbal di Indonesia. Tawangmangu memiliki program saintifikasi jamu, dengan mengedepankan pengobatan tradisional yang teruji secara ilmiah. Sehingga setiap obat-obatan herbal di Tawangmangu telah diuji keamanan, mutu, serta khasiatnya untuk dikonsumsi.

Di sisi lain, Tawangmangu memiliki tempat wisata yang menawarkan edukasi wisatakan terkait tanaman herbal. Beberapa destinasi wisata herbal di Tawangmangu yang bisa dikunjungi antara lain: Rumah Kaca Adaptasi dan Pelestarian Tanaman Obat, Rumah Riset Jamu Hortus Medicus, dan Rumah Atsiri Indonesia.

Olahan Herbal Khas Tawangmangu

Ada sekitar 800 jenis tanaman herbal yang dibudidayakan di Tawangmangu. Menariknya, setiap tanaman herbal tersebut telah teruji klinis untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Beberapa di antaranya adalah kunyit sebagai obat herbal alami yang dapat mengobati penyakit maag, seledri untuk mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi, serta daun jambu untuk mengatasi diare. 

Selain itu, masih banyak tanaman obat asli Tawangmangu yang dipercaya dapat mencegah sekaligus mengobati berbagai macam penyakit. Seperti sambiloto untuk mencegah diabetes, tempuyung untuk melancarkan air seni, dan daun handeuleum sebagai obat herbal untuk mengatasi wasir. 

Uniknya, setiap wisatawan yang berkunjung ke wisata herbal Tawangmangu tidak hanya berkesempatan untuk mengenal berbagai jenis-jenis tanaman herbal saja. Melainkan, juga berkesempatan untuk mengenali sejarah jamu dan tradisi herbal Jawa. 

Memiliki banyak keunggulan, diharapkan ditetapkannya Tawangmangu sebagai salah satu destinasi wisata herbal dapat meningkatkan daya tarik wisatawan. Sehingga, ke depannya dapat sekaligus memperkenalkan ramuan herbal Indonesia ke pasar internasional. 

Foto: Kompas.com