MENU
LAPOR HOAX

5 Ide Bisnis di Sektor Agrikultur yang Menguntungkan

31 Agustus 2022

5 Ide Bisnis di Sektor Agrikultur yang Menguntungkan

Kabar BUMN - Sektor agrikultur menjadi salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan di Indonesia. Letak geografis Indonesia seakan memberikan keuntungan dalam sektor bisnis agrikultur. Lantas, apa saja ide bisnis yang layak dicoba pada sektor agrikultur.

Agrikultur sendiri adalah pemanfaatan sumber daya hayati secara maksimal dan lebih optimal. Pada umumnya, sektor agrikultur mencakup lima sektor, yakni tanaman pangan, kehutanan, peternakan, perkebunan, dan perikanan. 

Sektor agrikultur bisa dibilang menjadi ladang bisnis yang cukup menjanjikan di Indonesia. Sebab, sebagai negara agraris, sektor agrikultur di Indonesia terbilang sangat maju, yakni menghasilkan produk pertanian 14-15% dari produk domestik bruto (PDB). Angka ini berpeluang besar memajukan ekonomi Indonesia.

Tidak hanya itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat, khususnya di sektor pertanian. Ini dibuktikan, pada 2018 pertumbuhan pertanian Indonesia mencapai 9%. Hal ini juga menjadi peluang bisnis di sektor agrikultur.

Nah, berikut beberapa ide bisnis sektor agrikultur yang cukup menguntungkan dan bisa Anda coba.

Budidaya tanaman rempah

Sejak zaman dulu Indonesia dikenal sebagai negara penghasil rempah. Tak heran jika rempah-rempah asli Indonesia bisa menjadi komoditi yang laris di pasaran lokal maupun internasional. Selain jadi bumbu penyedap masakan, rempah-rempah juga sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Hal ini pun menjadi salah satu peluang bisnis di sektor agrikultur yang cukup menjanjikan. Beberapa tanaman rempah yang bisa dibudidaya antara lain: wangi, asam jawa, bawang putih, bawang merah, kapulaga, cabai, cengkeh, dan kunyit. 

Tanaman hidroponik

Kalau Anda tinggal di daerah perkotaan yang minim lahan pertanian, Anda bisa mencoba bisnis di sektor agrikultur dengan membuka perkebunan tanaman hidroponik dengan menanam berbagai sayuran sehat. 

Tren masyarakat yang mulai beralih ke bahan makanan serba organik membuat tanaman hasil hidroponik menjadi incaran. Beberapa tanaman hasil hidroponik yang banyak dicari mulai dari sawi, bayam, kangkung, atau sayuran yang lain. 

Jualan tanaman obat

Sejak pandemi, banyak orang berbondong-bondong mencoba pengobatan tradisional menggunakan tanaman obat. Hal tidak bisa dilepaskan dari kebiasaan masyarakat Indonesia mengonsumsi jamu yang dipercaya dapat menjaga daya tahan tubuh dengan baik. Peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka bisnis tanaman obat, baik itu menjual bahan baku utuh atau obat herbal langsung seduh.

Peternakan 

Sektor peternakan merupakan salah satu bagian dari bisnis agrikultur yang cukup menguntungkan. Anda bisa memulai bisnis dari peternakan kecil-kecilan, seperti peternakan ayam, bebek, atau angsa. Selain menjual dalam bentuk potongan, Anda juga menjual telur maupun bibit unggas. 

Perikanan 

Indonesia termasuk negara maritim yang luas perairannya mencapai 3,25 juta. Nah, luasnya perairan di Indonesia berpeluang besar untuk bisnis perikanan. Misalnya, bagi Anda yang tinggal di daerah pesisir pantai, Anda bisa memanfaatkan bisnis udang, rumput laut, ikan untuk dijual ke pasaran. Bagi Anda yang tinggal di dekat perairan tawar, Anda bisa membuka tambak lele, gurame, maupun nila.