MENU
LAPOR HOAX

Kemerdekaan RI, ITDC Sampaikan Tali Asih Bagi Veteran

25 Agustus 2022

Kemerdekaan RI, ITDC Sampaikan Tali Asih Bagi Veteran

Kabar BUMN - Kegiatan anjangsana dan penyerahan tali asih kepada veteran pejuang bangsa merupakan tradisi tahunan ITDC dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI, sebagai salah satu upaya untuk memelihara rasa penghargaan dan penghormatan insan ITDC kepada pahlawan bangsa. 

Dalam rangka memperingati Hari Veteran Nasional sekaligus menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada bulan Agustus ini, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisatadi Indonesia, Kamis (25/08) menyampaikan bingkisan tali asih, terdiri dari kebutuhan pokok dan uang tunai, kepada para veteran pejuang bangsa di Provinsi Bali. Penyerahan bantuan ini merupakan bagian dari program Bina Lingkungan HUT ke-77 RI ITDC sebagai wujud penghormatan dan kepedulian ITDC terhadap para veteran pejuang bangsa.

Bingkisan tali asih diberikan kepada delapan veteran Kabupaten Badung yang diserahkan oleh Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita didampingi Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Bali I Gusti Bagus Saputera, Jro Bendesa Adat Jempeng bertempat di salah satu kediaman Veteran Kabupaten Badung. Seluruh kegiatan ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita mengatakan, “Kami sangat berbahagia karena hari ini dapat kembali melakukan anjangsana kepada para veteran pejuang bangsa yang sangat kami banggakan. Anjangsana ini merupakan bentuk penghormatan serta kepedulian kami kepada para veteran dan berharap bantuan yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi para veteran. Kami mohon doa dan dukungan dari para veteran sehingga kami para generasi penerus dapat melanjutkan titipan kemerdekaan ini dengan terus berjuang, berkarya untuk membangun bangsa ini menjadi bangsa yang tangguh dan kuat dalam menghadapi segala halang rintang seperti perjuangan kita sebagai BUMN di bidang pariwisata yang berjuang untuk terus bertahan selama COVID-19 melanda.”

Ketua LVRI Bali I Gusti Bagus Saputera mengatakan, “Perhatian yang diberikan ITDC kepada kami sangat baik dan tiada henti-hentinya. Kami hanya bisa menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian ITDC kepada kami para veteran di Bali. Sudah 77 tahun Indonesia ini merdeka, namun masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan bangsa ini untuk mewujudkan keadilan dan kesejahteraan rakyat Indonesia. Harapan kami sebagai veteran, lanjutkanlah perjuangan kami ini dan terus berkarya menjadi para pembela bangsa. Maju bersama berjuang untuk Indonesia yang lebih baik.”.

Kegiatan anjangsana dan penyerahan tali asih kepada veteran pejuang bangsa merupakan tradisi tahunan ITDC dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI, sebagai salah satu upaya untuk memelihara rasa penghargaan dan penghormatan insan ITDC kepada pahlawan bangsa.

Sebagai rangkaian peringatan HUT RI ke-77 ini, sebelumnya pada Senin (15/8) telah dilaksanakan pula kegiatan ziarah & tabur bunga untuk mengenang para pahlawan yang berlokasi di Taman Makam Pahlawan (TMP) Praya, Lombok Tengah yang diikuti oleh pegawai di The Mandalika. Kemudian pada Rabu (17/8), ITDC melakukan upacara bendera secara offline di The Nusa Dua dan The Mandalika yang diikuti oleh seluruh pegawai di masing-masing wilayah, sementara di kantor Jakarta Direksi dan pegawai mengikuti kegiatan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang dilangsungkan di Istana Negara secara online.

Sementara di Bali, pada Jumat (19/8), dilakukan kegiatan penanaman 50 pohon yang terdiri dari pohon sawo kecik, cemara dan ketapang berlokasi di selatan Lagoon, area Restoran Bejana hingga ke arah barat sampai Baliwis Spa. Kegiatan ini dihadiri oleh kepala UPTD Tahura Ngurah Rai dan diikuti oleh pegawai di The Nusa Dua.