MENU
LAPOR HOAX

4 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

25 Agustus 2022

4 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Kabar BUMN - Selain dikenal dengan wisata alam yang tiada duanya, Indonesia juga memiliki berbagai makanan yang berasal dari berbagai daerah nan menggugah selera. Bahkan, banyak makanan khas Indonesia yang telah diakui kelezatannya oleh dunia.

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah. Karena itu, cita rasa makanan khas Indonesia terbilang autentik dan beda dengan negara lainnya. Bahkan, banyak makanan khas Indonesia yang kerap kita temui, telah diakui kelezatannya oleh dunia, lo! 

Jelas, sebagai orang Indonesia kita patut berbangga. Tak sekadar lezat, makanan enak dari Indonesia juga membawa citra positif bagi pariwisata Tanah Air. Lantas, makanan apa saja yang telah diakui dunia? Berikut beberapa daftarnya.

Rendang Daging 

Siapa yang tidak kenal olahan daging khas Sumatera Barat satu ini? Rendang biasa dihidangkan pada saat hari raya dengan bumbu rempah yang gurih. Untuk memasak rendang, biasanya diperlukan waktu 4-5 jam, sampai daging berwarna hitam dan bumbu meresap sempurna. 

Hebatnya lagi, pada 2011 dan 2017, rendang sebagai salah satu makanan khas Indonesia telah mendapat predikat sebagai “Makanan Terenak di Dunia”. Di Indonesia sendiri, terdapat kurang lebih 5.350 resep rendang yang berasal dari warisan nenek moyang bangsa Indonesia, khususnya di Sumatera Barat.

Sate 

Selain rendang, sate termasuk makanan khas Indonesia yang telah mendunia. Sate pernah menduduki peringkat ke-14 sebagai “Makanan Terenak di Dunia”. Makanan khas Indonesia satu ini terbuat dari daging yang ditusuk lalu dibakar. Menariknya, kini beberapa restoran di luar negeri juga kerap memasukkan satay dalam buku menu mereka.  

Gudeg 

Siapa yang suka makanan manis khas Indonesia satu ini? Makanan dari Yogyakarta yang terbuat dari nangka ini ternyata digemari masyarakat internasional karena cita rasanya yang unik. 

Saking uniknya, banyak negara berbondong-bondong mengimpor makanan khas Indonesia ini dalam kalengan, lo! Bahkan, menariknya lagi, di Melbourne, Australia, terdapat restoran bernama Clayton yang menyajikan gudeg dengan cita rasa khas lidah orang Yogyakarta.

Bakso 

Makanan Indonesia yang tak kalah mendunia ini sangat disukai banyak orang. Bakso memiliki tekstur yang kenyal, lembut atau berserat. Satu mangkuk bakso biasanya disajikan dengan mie kuning. tauge, pangsit, bawang goreng, bihun, dan seledri. 

Cita rasa gurih membuat semua orang bakal ketagihan untuk menikmatinya. Saking enaknya, bahkan Presiden AS ke-44, Barack Obama, menyukai makanan khas Indonesia satu ini. 

Itulah beberapa makanan khas Indonesia yang dikenal oleh masyarakat tingkat dunia. Mana favorit Anda?