MENU
LAPOR HOAX

Sambut HUT RI ke-77 dengan Wisata ke Tempat Bersejarah

10 Agustus 2022

Sambut HUT RI ke-77 dengan Wisata ke Tempat Bersejarah

Kabar BUMN -  Bulan Agustus merupakan bulan penting bagi Indonesia. Sebab, pada tanggal 17 Agustus diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Indonesia. Untuk itu, pada momen bersejarah ini, tidak ada salahnya kita mengunjungi beberapa tempat wisata sejarah yang penting bagi Indonesia.

Hari kemerdekaan Indonesia identik dengan upacara pengibaran Bendera Merah Putih di seluruh Indonesia. Namun, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, yakni dengan berkunjung ke tempat-tempat bersejarah.

Yap, berkunjung ke tempat bersejarah tak sekadar menghabiskan waktu berlibur dan menambah wawasan saja. Akan tetapi, wisata sejarah juga bisa dijadikan momen mengenang kembali jasa para pendiri bangsa ini dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Nah, berikut ini rekomendasi tempat wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi dalam menyambut HUT RI ke-77: 

Tugu Proklamasi 

Rujukan pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Tugu Proklamasi. Dahulu, tempat ini digunakan untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945 oleh Ir. Soekarno dan didampingi Moh. Hatta.

Tak heran jika tempat bersejarah yang beralamat di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta Pusat ini sangat kental akan nilai sejarah bagi bangsa Indonesia.

Rumah Rengasdengklok

Wisata sejarah untuk menyambut HUT RI ke-77 berikutnya adalah Rumah Rengasdengklok. Rumah ini milik seorang Tionghoa, Djiaw Kie Siong. Lokasinya berada di Jl. Perintis Kemerdekaan No.33, Rengasdengklok Utara, Karawang, atau dekat tanggul Sungai Citarum. 

Karena lokasinya yang tersembunyi; jauh dari keramain, rumah ini dijadikan tempat persembunyian Soekarno dan Hatta pada tanggal 16 Agustus 1945, untuk menghindari pengaruh Jepang. Mereka didesak untuk segera mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia melalui momen Rengasdengklok oleh para pemuda. 

Gedung Joang 45 

Dahulunya, tempat ini merupakan sebuah hotel yang diambil alih oleh para pemuda Indonesia untuk dijadikan pelatihan dan pendidikan. Di dalam Gedung Joang 45 terdapat banyak benda bersejarah yang masih terawat, seperti mobil dinas resmi Presiden dan Wakil Presiden, foto dokumentasi bersejarah, hingga lukisan yang menggambarkan perjuangan di tahun 1945 sampai 1950. 

Rumah Pengasingan Ende

Melipir agak jauh ke Ende, Nusa Tenggara Timur, di sini Anda bisa menyaksikan salah satu momen lahirnya ideologi bangsa Indonesia, yakni Pancasila. Di Ende terdapat salah satu tempat pengasingan Bung Karno pada 1933. 

Rumah ini digunakan sebagai tempat pembuangan Bung Karno saat kegiatan politiknya dianggap membahayakan Pemerintah Kolonial Hindia Belanda. Jadi, tidak ada salahnya untuk menjadikan lokasi ini sebagai salah satu destinasi wisata sejarah menyambut HUT RI ke-77. 

Makam Soekarno 

Destinasi selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Makam Soekarno di Blitar, Jawa Timur. Makam ini sering dikunjungi peziarah yang ingin menghormati jasa Sang Proklamator Indonesia. Kompleks makam ini dibangun pada akhir 70-an, dengan desain khas arsitektur Jawa yang terdiri dari tiga bagian utama: halaman, teras, dan pendopo. 

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi untuk menyambut HUT RI yang ke-77 nanti. 

Foto: Kompas.com/Gunawan Kartapranata