MENU
LAPOR HOAX

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

9 Agustus 2022

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Kabar BUMN - Banyak orang ingin berolahraga, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana. Padahal, berolahraga secara rutin setiap hari itu mudah jika Anda tahu dan memahami tujuan olahraga. Olahraga adalah salah satu cara untuk membuat tubuh lebih sehat dan kuat.

Hal ini karena olahraga memiliki banyak manfaat, seperti dapat menjaga berat badan ideal, mencegah penyakit jantung, mengontrol kadar gula darah, dan lainnya. Namun, sebelum berolahraga, Anda harus melakukan pemanasan. Pemanasan dilakukan untuk mencegah cedera atau hal-hal yang tidak diinginkan yang terjadi sebelum, selama, atau setelah berolahraga.

Pemanasan dapat dilakukan dengan peregangan atau aktivitas fisik ringan berupa peregangan statis dan dinamis. Selain membuat tubuh “panas”, pemanasan juga bisa melatih kelenturan tubuh agar otot tidak kaku. Lantas, apa saja manfaat pemanasan sebelum berolahraga? Berikut penjelasannya:

Minimalisir Cedera

Pemanasan sebelum berolahraga untuk menghindari risiko terjadinya cedera. Cedera bisa terjadi karena otot tubuh dalam kondisi normal dan masih kaku, jika Anda tiba-tiba melakukan olahraga berat, otot akan kaget sehingga Anda bisa cedera seperti otot kram, terkilir, bahkan robek. Untuk menghindarinya, lakukan pemanasan terlebih dahulu.

Agar Lentur

Pemanasan dapat meningkatkan kelenturan, hal ini dikrenakan otot dapat bergerak bebas sehingga tubuh lebih fleksibel dan bergerak lebih mudah atau leluasa.

Tingkatkan Kualitas Olahraga

Pemanasan sebelum olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otot. Hal ini bisa membuat otot lebih fleksibel sehingga aliran darah membawa persediaan oksigen lebih banyak ke seluruh tubuh.

Jaga Jantung Tetap Stabil

Pemanasan juga bermanfaat untuk menjaga detak jantung agar tetap stabil. Apabila Anda berolahraga tanpa pemanasan, jantung dan pembuluh darah bisa menjadi tidak normal, sehingga suplai darah menjadi minim. Hal ini bisa menyebabkan sakit kepala, mual, dan tidak baik untuk kesehatan tubuh.