MENU
LAPOR HOAX

Terapi Air: Kenali Jenis dan Manfaatnya untuk Kesehatan

9 Agustus 2022

Terapi Air: Kenali Jenis dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kabar BUMN - Air berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya untuk minum, air juga bisa digunakan sebagai media terapi yang menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Lantas, seperti apa terapi air yang bermanfaat untuk kesehatan?

Selama ini mungkin Anda mengenal air hanya untuk minum, mandi, atau bahkan mengolah makanan. Padahal air juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit, sebut saja salah satunya dengan melakukan terapi air. Lantas, apa itu terapi air?

Mengutip dari Kompas.com, terapi air atau dikenal dengan hydrotherapy adalah jenis terapi yang menggunakan medium air untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Ada beberapa jenis terapi air yang bisa dicoba, di antaranya terapi air dingin, air panas, atau menggunakan tekanan air. 

Perlu diketahui, jenis terapi memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda bagi kesehatan. Maka, disarankan untuk mengonsultasikan pada dokter untuk mengetahui jenis terapi air yang tepat. 

Namun secara keseluruhan, terapi air bermanfaat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini:

Mengurangi rasa sakit

Manfaat terapi air yang pertama adalah mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kesehatan. Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian di Jepang yang menjelaskan bahwa terapi air memberikan manfaat signifikan untuk mengurangi rasa sakit. Terutama yang berkaitan dengan syaraf dan otot. 

Menariknya lagi, melakukan terapi air panas juga bermanfaat mengurangi rasa sakit di beberapa area tubuh. Bahkan, terapi air panas bisa melemaskan otot dan melancarkan aliran darah.

Menyembuhkan radang sendi

Jika Anda memiliki masalah radang sendi, terapi air bisa menjadi pengobatan alternatif yang menarik dicoba. Mengutip dari Kompas.com, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Rehabilitation menyebutkan: pasien yang mengalami osteoarthritis atau pengapuran sendi di bagian lutut mengalami penurunan rasa sakit setelah melakukan terapi air selama 8 minggu. 

Sebuah penelitian di India pun membuktikan, pasien rematik mengalami perkembangan signifikan setelah melakukan terapi air sambil melanjutkan pengobatannya. Sangat menarik, bukan?

Menjaga kesehatan mental

Seperti disinggung di awal, terapi air tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik saja. Melainkan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mental. Melakukan terapi air dipercaya dapat meningkatkan suasana hati, serta mengurangi kecemasan atau depresi. Bahkan, terapi air juga dipercaya bermanfaat untuk mengatasi mood swing yang kerap terjadi selama masa kehamilan.