MENU
LAPOR HOAX

Deretan Makanan yang Ampuh Cegah Risiko Kanker

7 Agustus 2022

Deretan Makanan yang Ampuh Cegah Risiko Kanker

Kabar BUMN -  Kanker merupakan penyakit yang paling mematikan dan hingga saat ini belum ada obatnya. Tak hanya itu, penyakit ini disebabkan oleh sel di dalam tubuh yang tumbuh sehingga dapat merusak sel normal di sekitarnya dan di bagian tubuh yang lain.

Penyebab utama kanker adalah perubahan genetik pada sel sehingga sel tersebut tumbuh tidak normal. Faktor yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker berbeda-beda, tergantung pada jenis kankernya.

Beberapa gejala yang timbul akibat kanker berbeda-beda, biasanya penderita kanker mengalami keluhan, yaitu muncul benjolan, nyeri di salah satu bagian tubuh, pucat, lemas, dan cepat lelah. Tak hanya itu, kanker bisa membuat berat badan dapat turun secara drastis.

Namun, para peneliti mengungkapkan bahwa ada beberapa jenis makanan yang dipercaya ampuh dalam mencegah timbulnya sel-sel kanker. Berikut penjelasannya:

Glukosinolat

Anda harus mengandung makanan yang mengandung glukosinolat, seperti sayuran seperti kangkung, kembang kol, dan brokoli. Nutrisi ini dapat mengaktifkan enzim sulforaphane saat melewati usus manusia. Tak hanya itu, brokoli juga dapat mengurangi risiko kanker prostat, paru-paru, usus besar, payudara, kandung kemih, hati, leher, kepala, dan lainnya.

Likopen

Likopen merupakan karoten yang memiliki warna merah cerah dan dapat mengurangi risiko kanker prostat. Nutrisi ini juga menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara, paru-paru, dan endometrium. Salah satu makanan yang mengandung likopen adalah tomar. Makanan yang mengandung likopen adalah jambu biji, semangka, pepaya, paprika merah.

Asam Ellagic

Asam ellagic merupakan polifenol dengan sifat antioksidan. Asam ellagic paling efektif untuk melawan kanker kulit, kandung kemih, paru-paru, kerongkongan dan payudara. Adapun jenis buah-buahan yang mengandung asam ellagic adalah stroberi, anggur, delima, kenari, dan jambu biji.