MENU
LAPOR HOAX

Destinasi Wisata di Sekitar Gunung Rinjani

27 Juli 2022

Destinasi Wisata di Sekitar Gunung Rinjani

Kabar BUMN - Bisa dibilang, Gunung Rinjani menjadi ikon wisata di Lombok. Menjadi salah satu gunung tertinggi di Indonesia, di sekitar Gunung Rinjani juga terdapat banyak surga tersembunyi yang menarik dijelajahi.

Gunung Rinjani adalah salah satu destinasi unggulan dari Lombok, Nusa Tenggara Barat, bahkan menjadi ikon wisatanya. Gunung yang masuk dalam kawasan Taman Nasional ini memiliki ketinggian 3.726 mdpl. Karena masuk kawasan Taman Nasional, di sekitar Gunung Rinjani pun terdapat banyak destinasi wisata lain yang bisa Anda kunjungi.

Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata di sekitar Gunung Rinjani yang patut dikunjungi karena keindahan alam yang ditawarkannya.

Sembalun

Sebuah Kecamatan wisata yang terletak di Lombok Timur ini memiliki luas wilayah 217,18 km persegi. Sembalun terdiri dari beberapa desa dengan keindahan yang masih tradisional khas Lombok.

Sembalun menyuguhkan pemandangan petak-petak sawah berjajar rapi, serta sistem irigasi seperti di Indonesia masa lampau. Karena letaknya berada di kaki Gunung Rinjani, membuat udara di sekitar kawasan ini sangat bersih dan sejuk. 

Selain pemandangan yang hijau, Sembalun juga dikelilingi tebing. Sehingga menjadikan pemandangan Sembalun makin indah.

Air Terjun Aik Temer

Masih berada di kawasan Gunung Rinjani dengan nuansa hutan yang alami. Air Terjun Aik Temer bagaikan surga tersembunyi di Lombok. Apalagi jika dilihat dari atas tebing, pemandangan hijau dan pohon rindang mengelilingi air terjun satu ini.

Anda juga bisa menikmati segarnya air dengan berenang di kolam alami di bawah air terjun. Bahkan saking asrinya, tak jarang wisatawan juga bisa menemukan monyet-monyet gunung liar sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Aik Temer.

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak seolah menjadi pelepas dahaga saat pendaki kelelahan dan kehausan. Berada di setengah ketinggian Gunung Rinjani, danau ini memiliki luas sekitar 1.100 hektare. Di sebelahnya terdapat lahan luas yang bisa digunakan untuk berkemah sambil menikmati danau indah. 

Di samping itu, di danau ini terdapat bermacam-macam ikan yang bisa dipancing. Meskipun akses untuk menuju ke tempat ini tidak mudah, namun segalanya akan terbayar begitu tiba di Danau Segara Anak.