MENU
LAPOR HOAX

Tips Memotret Makanan agar Dagangan Laris Manis

22 Juli 2022

Tips Memotret Makanan agar Dagangan Laris Manis

Kabar BUMN - Foto produk memiliki peran penting dalam menarik perhatian calon konsumen. Supaya dagangan laris manis, yuk, simak tips memotret produk makanan untuk UMKM pada artikel berikut ini.

Percaya atau tidak, foto produk memiliki peran yang sangat penting dalam menarik perhatian calon konsumen. Termasuk juga bagi Anda yang berjualan makanan. Itulah mengapa, Anda harus mulai belajar memotret produk makanan dengan baik agar dagangan laris laris. 

Secara tidak langsung, calon konsumen akan tertarik “mampir” dan membeli produk yang dijual apabila foto yang ditampilkan berkualitas baik, penuh warna, dan terlihat hidup. 

Sebaliknya, apabila foto produk makanan terlihat gelap dan penuh noise, tidak menutup kemungkinan calon konsumen akan kabur. Lantas, bagaimana tips memotret produk makanan yang benar? 

Yuk, simak tips memotret produk makanan untuk UMKM berikut ini: 

Gunakan background netral

Tips memotret produk makanan agar terlihat lebih menarik yang pertama adalah menggunakan background netral. Keunggulan menggunakan background netral dapat membuat tampilan foto terlihat lebih “bersih” dan mewah. Dengan begitu, nilai estetika pada makanan lebih terpancar. 

Pastikan cahaya baik

Cahaya berperan penting dalam sebuah foto. Karena bisa menciptakan mood, serta membuat foto makanan terlihat lebih jelas dan detail. 

Oleh karena itu, pastikan Anda memotret produk makanan di tempat yang terang dan memiliki pencahayaan alami dari sinar matahari. Kalau studio foto cenderung gelap, Anda bisa memasang lampu tambahan agar hasil foto terlihat lebih jelas.

Manfaatkan fitur kamera bawaan

Banyak yang mengira, memotret produk makanan membutuhkan kamera DSLR keluaran terbaru dan tercanggih. Padahal, dengan kamera smartphone anda tetap bisa menghasilkan foto produk yang menarik. Caranya dengan memanfaatkan seluruh fitur dan mode kamera smartphone secara maksimal.

Ambil angle foto terbaik

Supaya terlihat menarik, saat memotret makanan Anda juga harus mencari angle foto yang pas. Angle foto makanan yang pas disarankan sekitar 45 derajat. Namun, apabila kesulitan, Anda bisa memotret produk makanan dengan sudut tegak lurus dari atas.

Kemudian, hindari memotret produk makanan terlalu luas, seperti memperlihatkan seluruh meja, gelas, piring, hingga properti pendukung lainnya. Lebih baik, memotret produk makanan secara closeup atau dari dekat. Agar makanan terlihat lebih detail.

Editing secukupnya

Terakhir, Anda harus memoles hasil foto Anda agar terlihat lebih hidup dan berwarna. Anda bisa menggunakan aplikasi editing pada smartphone untuk menambahkan tone warna makanan agar lebih menarik perhatian calon konsumen. 

Nah, itulah beberapa tips memotret produk makanan yang perlu Anda perhatikan agar menarik perhatian calon konsumen. Semoga membantu!