MENU
LAPOR HOAX

5 Wisata Religi ke Lombok, Tak Hanya Masjid

22 Juli 2022

5 Wisata Religi ke Lombok, Tak Hanya Masjid

Kabar BUMN - Tak kenal musim, wisata religi di Indonesia cukup diminati wisatawan. Salah satu destinasi wisata religi yang patut dikunjungi adalah Lombok. Pulau yang dijuluki “Pulau Seribu Masjid” ini, ternyata menyimpan banyak destinasi wisata religi lainnya.

Pulau Lombok tak hanya dikenal dengan alam yang indah. Tapi juga ragam suku dan agama yang mendiami pulau tersebut. Tak heran kalau Lombok juga sering jadi destinasi unggulan wisata religi. Terlebih lagi, wisata religi di Lombok cukup beragam, mulai dari makam keramat, masjid kuno, vihara dan pura yang menyimpan sejarah. 

Fakta menariknya, Lombok juga dikenal dengan julukan “Pulau Seribu Masjid”. Hal ini tidak jelas membuat banyak wisatawan penasaran akan banyaknya masjid di Lombok. 

Tak hanya masjid, di Lombok juga terdapat banyak pura yang menarik untuk dikunjungi sebagai salah satu destinasi wisata religi.

Berikut adalah destinasi wisata religi di Lombok yang harus Anda kunjungi:

Makam Pemuka Agama

Sering disebut banyak orang dengan “makam keramat”, di Lombok terdapat banyak makam pemuka agama yang sangat berpengaruh pada masanya. Hingga kini makam tersebut tetap dirawat dan dijaga dengan baik, sehingga cocok untuk dijadikan destinasi wisata religi.

Beberapa makam keramat di Lombok antara lain: Makam Batu Layar, Makam Loang Baloq, Makam Selaparang, Makam di Masjid Kuno Bayan Beleq, Makam Keramat Cemare, dan Makam Wali Nyatoq.

Masjid Kuno Lombok

Selain makam para pemuka agama, di Lombok juga ada beberapa Masjid Kuno. Masjid yang didirikan pada masa lampau ini konon merupakan masjid pertama di Pulau Lombok. Masjid tersebut masih dalam bentuk aslinya, tanpa ada pemugaran ataupun perubahan sedikitpun. Hanya ada perawatan dari segi kebersihan saja. 

Beberapa masjid kuno yang sering dikunjungi untuk berwisata religi antara lain: Masjid Kuno Bayan Beleq dan Masjid Kuno Gunung Pujut.

Islamic Center Nusa Tenggara Barat

Salah satu primadona wisata religi di Nusa Tenggara Barat, khusus di Kota Mataram, Lombok. Di kompleks Islamic Center Lombok terdapat masjid megah, Masjid Raya Hubbul Wathan. Masjid ini memiliki empat menara, dan salah satunya diberi nama Menara Asmaul Husna, karena memiliki tinggi 99 meter. Menara ini bisa dipakai untuk melihat sekeliling Kota Mataram. 

Pura Batu Bolong

Terletak di Senggigi, Pura Batu Bolog ini berdiri agak menjorok ke laut. Selain lokasinya yang dekat dengan laut, Pura ini juga menghadap langsung ke Selat Lombok dan Gunung Agung, Bali. Pura ini sangat kental dengan nuansa Bali. Menariknya lagi, Pura Batu Bolong juga menjadi salah satu spot sunset terbaik di Lombok!

Pura Lingsar

Lombok juga terkenal akan kerukunan antar umat beragama. Salah satu buktinya ada di Pura Lingsar ini. Pura seluas 26 hektare ini melambangkan kerukunan umat agama. Di sini, Anda dapat menemukan dua ritual keagamaan, yakni Hindu dan Islam. Meskipun digunakan oleh dua agama berbeda, tidak pernah terjadi gesekan antar umat agama di sini.