MENU
LAPOR HOAX

Ini Sayuran yang Dapat Menurunkan Darah Tinggi

28 Juni 2022

Ini Sayuran yang Dapat Menurunkan Darah Tinggi

Kabar BUMN -  Sayuran mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Tak hanya itu, terdapat berbagai jenis sayuran yang mudah diolah serta dikonsumsi sehari-hari berguna untuk membantu menurunkan darah tinggi.

Mengonsumsi berbagai jenis sayuran yang dapat menstabilkan tekanan darah merupakan rekomendasi yang tepat agar pembuluh darah lancar. Hal ini juga sejalan dengan penelitian yang menunjukan bahwa makanan tertentu dapat menjadi penurun darah tinggi dalam jangka pendek hingga panjang.

Berikut adalah jenis-jenis sayuran yang bisa dijadikan sebagai pereda hipertensi:

Bayam

Jenis sayuran pertama yang dapat menjadi penurun darah tinggi yaitu bayam. Hal ini dikarenakan bayam mengandung lutein yang mampu mencegah dinding arteri menebal, sehingga risiko tekanan darah dan serangan jantung dapat diminimalisir. Tak hanya itu, bayam juga kaya akan folat, kalium, serta magnesium. Bayam juga memiliki kalori rendah, tapi tinggi akan kandungan serat.

Seledri

Jenis sayuran penurun darah tinggi yang satu ini mempunyai kandungan kumarin yang berguna untuk mendorong penurunan tekanan darah serta menyeimbangkan air. Tak hanya menurunkan darah tinggi, seledri bisa meminimalisir potensi stroke, pembekuan darah, hingga tingkat hormon stres.

Selada

Selada mengandung kalium yang dapat membuat tekanan darah menurun. Tak hanya itu, selada juga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung. Selada juga meningkatkan kolesterol baik atau HDL serta menurunkan kolesterol jahat.

Wortel

Wortel tinggi akan kandungan kalium. Dengan demikian, sayuran ini dapat melancarkan keluar masuknya aliran darah serta menurunkan tekanan darah. Apabila mengonsumsi satu buah wortel berukuran sedang, maka tubuh akan mendapatkan kurang lebih 4% kalsium per hari.

Kubis

Secangkir kubis dapat memasok 4% kebutuhan harian tubuh akan kalium. Dengan demikian, tekanan darah tinggi dapat menurun karena efek natrium dalam tubuh yang dikeluarkan melalui urin sehingga dinding pembuluh darah dapat melemas.