MENU
LAPOR HOAX

Cara Pakai Aplikasi MyPertamina untuk Beli Pertalite

28 Juni 2022

Cara Pakai Aplikasi MyPertamina untuk Beli Pertalite

Kabar BUMN -  Pemerintah mewajibkan untuk membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar dengan menggunakan aplikasi MyPertamina. Peraturan ini agar kebutuhkan BBM subsidi dapat tersalurkan dengan benar.

Oleh karena itu, aplikasi MyPertamina diharapkan dapat membantu terkait mekanisme penyaluran BBM semakin tepat sasaran. “Saat ini, segmen pengguna Solar subsidi ini sudah diatur, sedangkan Pertalite segmentasi penggunanya masih terlalu luas. Sebagai badan usaha yang menjual Pertalite dan Solar, kami harus patuh, tepat sasaran dan tepat kuota dalam menyalurkan BBM yang disubsidi pemerintah,” jelas Alfian Nasution selaku Direktur Utama Pertamina Patra Niaga.

Untuk memastikan mekanisme penyaluran makin tepat sasaran, maka Pertamina Patra Niaga berinisiatif serta berinovasi akan melakukan uji coba penyaluran Pertalite dan Solar bagi pengguna berhak yang sudah terdaftar di dalam sistem MyPertamina. Adapun cara untuk membeli Pertalite dengan menggunakan MyPertamina adalah:

  1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan: KTP, STNK, foto kendaraan, serta berbagai dokumen pendukung lainnya.
  2. Buka website: https://subsiditepat.mypertamina.id/ pendaftaran akan dibuka pada 1 Juli 2022
  3. Centang informasi memahami persyaratan.
  4. Klik “Daftar Sekarang”.
  5. Ikuti instruksi dalam website tersebut.
  6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja dan akan dikirim melalui email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala.
  7. Apabila sudah terkonfirmasi, downloadkode QR dan simpan untuk membeli Pertalite dan Solar di setiap SPBU Pertamina.

Cara membayar Pertalite di aplikasi MyPertamina:

  1. Setelah Anda memiliki akun, pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi MyPertamina melalui ponsel.
  2. Lalu, wajib menghubungkan akun LinkAja yang dimiliki ke aplikasi MyPertamina dengan klik “Aktifkan”.
  3. Jika sudah, pastikan saldo LinkAja mencukupi. Pelanggan bisa mulai melakukan transaksi pembelian BBM, pada halaman utama klik “Bayar”
  4. Setelah itu, arahkan kamera ke mesin EDC SPBU Pertamina, lalu scan QR Code yang ditampilkan.
  5. Setelah harga dan jumlah liter yang muncul sudah sesuai, konfirmasi pembelian dengan klik “Bayar”. Masukkan PIN akun LinkAja Anda. Anda akan menerima notifikasi pembayaran BBM berhasil.
  6. Pengguna juga dapat menambahkan kartu debit yang bisa dipilih di menu akun. Caranya tinggal pilih “Metode Pembayaran” lalu klik “Tambah di Kartu Debit dan Daftarkan Kartu Debit”.