MENU
LAPOR HOAX

Begini Cara Mengasah Kemampuan Anak di Bidang Olahraga

24 Juni 2022

Begini Cara Mengasah Kemampuan Anak di Bidang Olahraga

Kabar BUMN - Kalau anak menunjukkan ketertarikan dan memiliki kemampuan dalam bidang olahraga, jangan dibiarkan. Anda harus mulai mengasah kemampuan anak di bidang olahraga agar bakatnya berkembang maksimal. Sebab, anak dengan bakat olahraga akan menjadi calon atlet masa depan.

Setiap anak memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda. Tidak hanya berbakat dari sisi akademis, ada anak yang memiliki kemampuan di bidang non-akademis, salah satu dalam bidang olahraga. Kalau terus diasah dan dikembangkan sejak dini, bakat olahraga dapat mengantarkan anak menjadi seorang atlet profesional yang membanggakan.

Sebelum mengasah kemampuan anak di bidang olahraga, ada beberapa tanda anak memiliki bakat dalam bidang olahraga yang bisa Anda kenali sejak dini. Salah satu tanda yang paling mudah dikenali adalah anak tertarik dan semangat saat melakukan berbagai aktivitas olahraga.

Anak yang berbakat dalam bidang olahraga biasanya terlihat aktif bergerak, serta memiliki kemampuan kasar dan koordinasi gerakan yang sangat baik. Nah, apabila anak menunjukkan ketertarikan dalam bidang olahraga, kini sudah saatnya Anda mengasah kemampuannya.

Bagaimana caranya? Berikut cara mengasah kemampuan anak di bidang olahraga agar berkembang maksimal:

Mengenalkan berbagai macam olahraga

Sebelum mengambil kesimpulan anak berbakat di bidang olahraga tertentu, akan lebih baik kalau Anda mengenalkan berbagai macam olahraga kepada si kecil. Baik itu olahraga jalan kaki, berlari, bermain bola, bulu tangkis, berenang, atau basket.

Cara ini akan memberi kesempatan anak memilih jenis olahraga yang paling disukai. Dengan begitu, kemampuan olahraga anak akan lebih mudah berkembang. Anda bisa mengenalkan berbagai macam olahraga dengan melakukannya langsung, maupun menunjukkannya di internet atau TV.

Ajak anak olahraga bersama

Meski terlihat sederhana, namun olahraga bersama termasuk cara mengasah kemampuan anak di bidang olahraga yang menarik dilakukan. Tidak harus lama, Anda bisa meluangkan waktu minimal 30 menit per hari untuk bermain dan berolahraga ringan bersama si kecil di sore hari sepulang bekerja.

Dukung dan motivasi anak

Cara mengasah kemampuan anak di bidang olahraga yang tidak kalah penting adalah memberi dukungan dan motivasi agar anak semangat untuk mengembangkan bakat yang dimiliki. Dukungan yang diberikan bisa bermacam-macam, mulai dari menciptakan latihan yang menyenangkan, mengikutkan klub olahraga, memberi makanan bergizi seimbang, hingga mengikut sertakan anak lomba olahraga.

Cari sekolah yang mendukung

Supaya kemampuan dan bakat olahraga anak semakin terasah, tentu harus diimbangi dengan fasilitas yang mendukung. Salah satunya adalah menyekolahkan anak di sekolah khusus olahraga. Tujuannya agar potensi dan bakat anak semakin berkembang setiap harinya.

Ada banyak sekolah khusus olahraga lainnya yang dapat mengasah sekaligus menunjang prestasi olahraga anak. Contoh, kalau anak suka sepak bola, Anda bisa memasukkan anak ke Sekolah Sepak Bola (SSB). Sementara itu, apabila anak suka olahraga bulu tangkis, Anda bisa menyekolahkannya di Perkumpulan Bulu Tangkis (PB).

Bagaimana, siap mendukung dan mengasah kemampuan anak di bidang olahraga?