MENU
LAPOR HOAX

Boarding School: Apa Keunggulannya Dibandingkan Sekolah Lainnya?

23 Juni 2022

Boarding School: Apa Keunggulannya Dibandingkan Sekolah Lainnya?

Kabar BUMN - Banyak yang beranggapan boarding school memiliki metode pengajaran yang mirip dengan pesantren. Padahal, ada perbedaan antara boarding school dengan pesantren dan sekolah formal lainnya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Setiap orangtua pastinya akan terus mengusahakan yang terbaik untuk sang buah hati. Begitupun dalam memilih lembaga pendidikan atau sekolah terbaik untuk masa depan anak. Salah satu lembaga pendidikan yang kini menjadi pilihan banyak orangtua adalah boarding school. Lantas, apa itu boarding school?

Menurut buku Evaluasi Program Boarding School Model Goal Free Evaluation oleh Deksa Ira Lindriyati, S.Pd (2020) yang dikutip Kumparan.com, boarding school adalah sistem sekolah berasrama. Dengan kata lain, anak yang sekolah di boarding school akan tinggal di asrama dan berada di lingkungan sekolah dalam kurun waktu tertentu.

Sayangnya, tidak sedikit orangtua yang menganggap boarding school adalah pesantren. Meski memiliki beberapa kesamaan, hanya saja ada perbedaan antara boarding school dengan pesantren yang cukup mudah dikenali. Salah satunya adalah kurikulum pendidikan yang ditetapkan.

Mengutip dari Tempo.co, kurikulum di pesantren lebih fokus dan berbasis keagamaan. Sementara itu,  boarding school menggunakan kurikulum pendidikan formal pada umumnya yang dibuat pemerintah.

Keunggulan Sekolah di Boarding School

Banyak keunggulan memilih boarding school dibandingkan sekolah lainnya. Salah satunya adalah memiliki fasilitas lengkap bagi seluruh murid. Fasilitas tersebut berfungsi untuk menunjang seluruh kegiatan sekolah dan tinggal dengan nyaman.

Tidak kalah populer dengan sekolah lainnya, ada banyak manfaat yang didapatkan anak-anak yang sekolah di boarding school. Karena dilatih tinggal di asrama dan pisah dari orangtua, sekolah di boarding school dapat melatih kemandirian anak dalam mengurus seluruh kebutuhan sehari-hari.

Boarding school juga dapat melatih kedisiplinan anak. Sebab, anak diharuskan mematuhi aturan yang berlaku. Bahkan, anak akan terbiasa untuk bangun pagi dan menghargai waktu.

Tak kalah menarik, boarding school dapat melatih tanggung jawab anak. Hal ini dimulai dari bagaimana mereka terbiasa menyelesaikan tugas tepat waktu, tanpa paksaan orangtua.

Karena tinggal dengan orang lain di luar anggota keluarga, boarding school dapat melatih anak untuk selalu bersikap positif. Anak terbiasa untuk saling menghargai, toleransi, tolong-menolong, serta bekerja sama dengan siapa saja dan di mana saja.

Bagaimana, tertarik menyekolahkan anak di boarding school?