MENU
LAPOR HOAX

Cara Mencegah Heat Stroke Saat Olahraga di Cuaca Panas

22 Juni 2022

Cara Mencegah Heat Stroke Saat Olahraga di Cuaca Panas

Kabar BUMN - Olahraga merupakan salah satu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Namun, olahraga juga bisa menjadi “bencana” kalau kita melakukan di kondisi yang kurang tepat. Contoh saat cuaca sedang panas terik, karena bisa menyebabkan heat stroke.

Mungkin istilah heat stroke masih sangat asing di telinga kita. Dilansir dari Mayo Clinic, heat stroke adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh tubuh terlalu panas. Biasanya heat stroke terjadi akibat paparan suhu panas terlalu lama, dan aktivitas fisik di lingkungan yang panas.

Heat stroke ini ditandai dengan meningkatnya suhu tubuh seseorang hingga 40 derajat celcius atau lebih tinggi, dalam waktu sekitar 10-15 menit. Jika tidak segera diatasi, heat stroke dapat menyebabkan kematian, atau menyebabkan kerusakan pada otak dan organ dalam lainnya.

Heat stroke tidak hanya dialami oleh orangtua saja. Tapi bisa menyerang semua umur, terlebih bagi yang suka berolahraga di tengah cuaca yang terik. Sebab, ketika berolahraga, produksi panas tubuh akan meningkat karena proses metabolisme energi dalam tubuh yang menghasilkan panas.

Hal ini diperparah dengan cuaca panas terik yang turut meningkatkan suhu tubuh. Meningkatnya suhu tubuh selama olahraga tersebut berpotensi menimbulkan heat illness, seperti heat cramp (kram otot), heat exhaustion (kelelahan), heat rash (muncul ruam merah pada kulit), hingga heat stroke (berkunang-kunang, mual, pusing, kulit dingin namun berkeringat, bahkan pingsan).

Walau begitu, bukan berarti kita mengurungkan niat untuk berolahraga. Ada beberapa cara mencegah terjadinya heat stroke saat berolahraga yang bisa Anda lakukan:

Minum Air

Minum air yang cukup memang sangat diperlukan bagi tubuh untuk kesehatan dan menghindari dari risiko dehidrasi. Kondisi di mana tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada cairan yang masuk ke dalam tubuh. Kondisi ini kerap kali terjadi ketika cuaca panas, serta di saat berolahraga.

Oleh sebab itu, minum air mineral yang cukup dapat membantu menggantikan cadangan air dan mineral dalam tubuh yang hilang selama berolahraga saat cuaca panas.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

Cara mencegah terjadinya heat stroke saat berolahraga berikutnya, menggunakan pakaian yang tepat. Pakaian yang nyaman untuk berolahraga biasanya berbahan ringan dan longgar. Jangan mengenakan jaket atau pakaian berbahan tebal, maupun pakaian yang gelap. Karena akan semakin menyerap panas dari lingkungan. Jika perlu, gunakan kacamata dan topi ketika matahari cukup terik saat berolahraga.

Oleskan Krim Mentol

Cara yang ketiga untuk menghindari heat stroke saat olahraga adalah mengoleskan produk berbahan mentol pada kulit. Mengoleskan produk berbahan dasar menthol pada kulit dapat membantu memberikan sensasi sejuk mendinginkan, sehingga membantu proses penguapan panas dari dalam tubuh.

Olahraga Ringan

Saat cuaca sedang panas terik, hindari melakukan olahraga yang terlalu berat. Anda bisa melakukan aktivitas fisik sedang, seperti berjalan dengan jalan cepat atau senam ringan, untuk tetap menjaga kebugaran. Jangan paksakan diri Anda ketika sudah merasa lelah. Segera beristirahat dan minum air mineral untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjadinya heat stroke saat berolahraga.