MENU
LAPOR HOAX

Ragam Kopi Nikmat Khas Indonesia, Mana Favoritmu?

22 Juni 2022

Ragam Kopi Nikmat Khas Indonesia, Mana Favoritmu?

Kabar BUMN - Jangan ngaku sebagai pecinta kopi kalau tidak pernah menyesap berbagai jenis kopi khas Indonesia. Tidak hanya populer di dalam negeri, berbagai jenis kopi asal Indonesia juga telah menjadi primadona pecinta kopi di dunia berkat cita rasa yang khas.

Indonesia menduduki peringkat keempat sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia, setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia. Menjadi salah satu produsen kopi terbesar di dunia, tidak heran jika ada banyak jenis kopi khas Indonesia yang menarik untuk dicicipi.

Terkenal nikmat, biji kopi khas Indonesia telah sukses menjadi primadona pecinta kopi di dunia. Setiap jenis kopi khas Indonesia memiliki karakter dan ciri khas masing-masing. Terbukti, menurut data dari Katadata.co.id, volume ekspor kopi Indonesia pada 2021 mencapai 380,17 ribu ton. Bahkan, nilai ekspor kopi Indonesia mencapai 842,52 juta US Dollar (2021). 

Lantas, apa saja jenis kopi terbaik khas Indonesia yang menarik dicicipi?

Kopi Aceh Gayo

Jenis kopi khas Indonesia yang pertama adalah kopi Aceh Gayo. Biji kopi yang tumbuh di dataran tinggi Gayo ini terkenal memiliki warna pekat, rasa yang tajam, dan aroma harum yang cukup kuat. Berhasil menarik minat pasar global, kopi Aceh Gayo sudah “langganan” diekspor ke Amerika Serikat dan Eropa.

Kopi Sumatera

Kopi Sumatera termasuk salah satu jenis kopi terpopuler khas Indonesia. Berbeda dengan Aceh Gayo, kopi Sumatera terkenal dengan cita rasa dan aroma yang kuat. Kopi khas Indonesia satu ini memiliki aroma rempah dan earthy yang dapat menyihir penikmat kopi dunia. Beberapa kopi khas dari Sumatera yang banyak dicari antara lain: Kopi Mandailing, Kopi Sidikalang, dan Kopi Tarutung.

Kopi Kintamani Bali

Setiap biji kopi memiliki karakternya masing-masing, begitupun dengan jenis kopi Kintamani khas Bali. Kopi Kintamani terkenal dengan aroma kuat, rasa yang tidak terlalu pahit, serta tambahan rasa buah yang lembut dibandingkan jenis kopi lainnya. 

Kopi Toraja

Adalah jenis kopi khas Indonesia yang terkenal memiliki tingkat keasaman rendah dibandingkan kopi lainnya. Menariknya lagi, kopi Toraja memberikan after taste pahit yang khas dengan tambahan rasa earthy yang nikmat. Cita rasa unik inilah yang menjadikan kopi Toraja populer di Jepang dan Amerika.

Kopi Flores Bajawa

Kopi dari timur Indonesia turut menjadi salah satu jenis kopi yang populer di kalangan penikmat kopi dunia. Bahkan, kopi Flores Bajawa merupakan penyumbang ekspor kopi terbesar di Indonesia. Alasannya karena kopi Flores Bajawa punya cita rasa unik dengan perpaduan aroma fruity dan nutty. Ditambah lagi, jenis kopi ini memiliki tingkat keasaman yang seimbang.

Kopi Papua Wamena

Satu lagi jenis kopi khas Indonesia yang tidak kalah populer di pasar dunia, yakni kopi Papua Wamena. Jenis kopi satu ini terkenal sebagai jenis kopi organik yang bebas bahan kimia. Ciri khas kopi asli Indonesia timur ini ada pada perpaduan aroma cokelat dan floral yang harum, serta tingkat keasaman yang rendah. 

Dari beberapa jenis kopi khas Indonesia di atas, kopi mana yang sering menjadi teman ngopi pagi ini?