MENU
LAPOR HOAX

Deretan Makanan Khas Betawi

21 Juni 2022

Deretan Makanan Khas Betawi

Kabar BUMN - HUT DKI Jakarta biasa diselenggarakan pada 22 Juni di setiap tahunnya. Tahun ini merupakan ke-495 HUT Jakarta dengan mengusung tema Jakarta Hajatan, Celebrate Jakarta, Kolaborasi, Akselerasi, Elevasi.

Jakarta terkenal dengan makanan khas Betawi yang menjadi favorit. Rasanya tidak lengkap, apabila kamu melewatkannya dan tidak mencicipi. Berikut adalah deretan makanan khas Betawi.

Kerak Telor

Kerak telor menjadi salah satu makanan primadona khas kota Jakarta. Camilan ini berbahan dasar dari telur ayam atau telur bebek dengan beras ketan putih, ebi yang disangrai hingga menyerupai abon, bawang goreng, dan kelapa sangrai.

Ternyata, makanan ini memiliki sejarah yang menarik. Kuliner kerak telor ini bermula dari ketika Jakarta masih bernama Batavia yakni pada masa kolonial Belanda. Saat itu, orang-orang belanda yang menyukai omelette mi mulai menyadari bahwa makanan tersebut tidaklah sehat. Oleh karena itu, orang-orang Belanda mulai mengubah bahan dasar mi menjadi beras ketan.

Nasi Uduk

Nasi uduk sudah terkenal di seluruh Indonesia. Lauk yang biasa disajikan dalam sepiring nasi uduk antara lain tempe orek, telur balado, semur tahu, semur kentang, semur jengkol, bihun, ayam goreng, abon, gorengan, dan tidak lupa dengan sambal. Biasnaya, nasi uduk disantap bersama kerupuk atau emping.

Soto Betawi

Biasanya, soto berasal dari Jawa. Ternyata, Jakarta juga memiliki kuliner khas yaitu soto Betawi. Soto ini berbeda dengan soto dari Jawa. Soto Betawi memiliki isian berupa daging jeroan seperti hati, babat, paru, dan organ sapi lainnya, dengan menggunakan campuran kuah dari susu atau santan.

Gado-Gado

Gado-gado merupakan makanan khas banyak orang. Makanan ini terdiri dari sayuran yang disantap bersama dengan lontong atau ketupat dan dinikmati dengan sepiring nasi. Supaya tambah nikmat, jangan lupa untuk menaburkan bawang goreng dan kerupuk.

Roti Buaya

Roti buaya biasa disajikan pada saat pesta pernikahan. Roti ini memiliki bentuk yang unik yaitu menyerupai buaya. Pada umumnya, roti buaya berbahan dasar seperti roti lainnya dan ukurannya bisa mencapai 50 cm bahkan lebih.