MENU
LAPOR HOAX

Wisata Gunung di Jawa Timur, Cocok untuk Kamu yang Hobi Mendaki

21 Juni 2022

Wisata Gunung di Jawa Timur, Cocok untuk Kamu yang Hobi Mendaki

Kabar BUMN -  Jawa Timur memiliki berbagai destinasi wisata yang menakjubkan. Mulai dari pegunungan, pantai hingga air terjun. Menariknya, wisata gunung di Jawa Timur ini menampilkan pemandangan yang luar biasa indah dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang hobi mendaki atau bertualang.

Gunung ikonik di Jawa Timur dengan hamparan pasir seperti di gurun yang mirip di Timur Tengah yaitu Gunung Bromo. Selain itu, masih banyak, loh, gunung yang banyak diminati oleh wisatawan dan tidak kalah hits serta menariknya dengan Gunung Bromo. Berikut adalah gunung di Jawwa Timur yang cocok untuk kamu apabila hobi mendaki.

Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan wisala alam yang terletak di Jawa Timur dan menjadi salah satu objek wisata terbaik di Indonesia yang paling diminati oleh wisatawan. Keindahannya yang luar biasa membuat Gunung Bromo terkenal hingga mancanegara.

Gunung Bromo merupakan gunung dengan tinggi 2.329 meter di atas permukaan laut (mdpl). Oleh karena itu, gunung ini cocok untuk kamu yang ingin menikmati keindahan sunrise dan sunset dengan pemandanga layaknya gurun. Pesona alamnya semakin terlihat menakjubkan apabila sudah tiba di view point tertinggi.

Wisatawan tidak perlu khawatir karena terdapat fasilitas seperti kuda dan mobil jeep di Gunung Bromo. Udaranya yang dingin mengharuskan kamu membawa pakaian tebal, serta tidak lupa untuk berswafoto, karena banyak spot foto yang menarik untuk diabadikan.

Gunung Semeru

Siapa yang tidak asing lagi dengan Gunung Semeru? Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa yakni 3.676 mdpl. Keindahannya tak perlu diragukan. Puncak tertinggi Gunung Semeru adalah Mahameru.

Apabila kamu ingin ke Gunung Semeru, terdapat beberapa jalur untuk mencapai puncaknya. Mulai dari Ranu Pani yang merupakan peristirahatan pendaki sebelum memasuki track mendaki, lereng bukit, Ranu Kumbolo (yang menjadi surganya pendaki), padang rumput, cemoro kandang, kalimati, arcopodo kemudian 3-4 jam kamu akan langsung sampai di puncak Mahameru.

Gunung Argopuro

Gunung Argopuro merupakan gunung yang memiliki ketinggian 3.088 mdpl dan terletak di Kabupaten Jember. Gunung ini menyuguhkan pemandangan yang sangat memanjakan mata saat menuju puncak. Gunung ini juga menampilkan living park lake yang dikelilingi oleh tumbuhan rimbun.

Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan merupakan gunung yang menyimpan sejarah karena terdapat situs candi Hindu–Budha di lerengnya. Memiliki ketinggian 1.653 mdpl, Gunung Penanggungan banyak diincar oleh pendaki pemula. Hanya butuh 4 jam pendakian untuk tiba di puncaknya melalui jalur Tami Ajeng.

Gunung Ijen

Gunung Ijen merupakan salah satu yang menarik pendaki dan terletak di Banyuwangi. Hal ini dikarenakan gunung ini memiliki Kawah Ijen dengan fenomena blue fire atau api biru. Pendaki membutuhkan waktu 2,5 jam untuk tiba sana.