MENU
LAPOR HOAX

Viral Pelecehan di Kereta Api, PT KAI Beri Efek Jera Pelaku

21 Juni 2022

Viral Pelecehan di Kereta Api, PT KAI Beri Efek Jera Pelaku

Kabar BUMN -  PT Kereta Api Indonesia menindaklanjuti dengan tegas video viral yang menunjukkan pelecehan seksual yang terjadi di kereta api kelas eksekutif jurusan Solo-Jakarta. KAI akan melakukan blacklist terhadap Nomor Induk Kependudukan (NIK) agar yang bersangkutan tidak dapat menggunakan layanan KAI di kemudian hari.

Tak hanya itu, KAI menolak untuk memberikan pelayanan terhadap pelaku yang sudah melanggar etika dan berbuat asusila yang sekaligus merendahkan martabat pelanggan lainnya terutama terhadap kaum hawa. Kebijakan ini, menurut Asdo Artriviyanto selaku EVP Corporate Secretary KAI, mengatakan, untuk memberikan efek jera dan mencegah pelaku melakukan hal serupa di kemudian hari.

KAI juga sudah menghubungi korban untuk menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami dan siap untuk memberikan dukungan dalam langkah hukum yang akan diambil. Menurut penuturan korban, dia tidak bermaksud untuk membawa masalah ini ke ranah hukum dan hanya meminta terduga pelaku untuk menyampaikan permohonan maaf serta tidak akan mengulangi perbuatannya kembali.

"KAI sama sekali tidak mentolerir kejadian tersebut dan berharap tidak ada lagi kejadian serupa terulang kembali pada berbagai layanan KAI lainnya. KAI berkomitmen untuk memberikan layanan prioritas kepada Lansia, Disabilitas, dan Wanita hamil,” tegas Asdo.

Guna mencegah terjadinya kejadian serupa, KAI akan terus melakukan sosialisasi melalui berbagai media serta pengumuman di stasiun dan selama dalam perjalanan. Petugas akan mengingatkan terkait pentingnya menjaga kesantunan terhadap sesama penumpang, konsekuensi terhadap tindakan pelecehan seksual, serta mengingatkan untuk segera melaporkan perilaku yang membuat tidak nyaman penumpang.

KAI juga akan meningkatkan pengawasan dan pengamanan agar tidak memberikan kesempatan bagi pelaku untuk melakukan niatnya. "Semoga berbagai langkah yang KAI lakukan dapat terus memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan selama menggunakan layanan KAI," jelas Asdo.

Sekadar informasi, video tersebut viral setelah seorang penumpang kereta jarak jauh Argo Lawu rute Solo-Jakarta membagikannya di Twitter pribadinya, @selasarabu_. Dalam video tersebut memperlihatkan tangan seorang pria yang sengaja menyentuh bagian sensitif perempuan.

"Itu dia berulang kali kayak begitu, aku videoin juga. Sudah aku tegur tapi tetap melakukannya. Aku sudah pindah kursi, ya, Alhamdulillah sudah aman. Thanks to Bapak Kondektur Argo Lawu @KAI121, Mr Wisnu Dwi P. rasa campur aduk, panik, panas dingin, takut, gabisa gerak," tulisnya dalam keterangan video tersebut.