MENU
LAPOR HOAX

Deretan Masjid Instagramable

19 Juni 2022

Deretan Masjid Instagramable

Kabar BUMN -  Banyak masjid di Indonesia yang memiliki desain menarik mulai dari konsep tradisional hingga modern. Arsitektur yang indah dan bernilai sejarah kerap jadi destinasi wisata religi bagi masyarakat.

Selain beribadah, destinasi wisata religi ini juga bagus untuk Anda yang ingin mengabadikan momen di masjid tersebut. Berikut adalah deretan masjid yang instagramable.

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal adalah masjid nasional negara Republik Indonesia yang terletak di bekas Taman Wilhelmina, Jakarta Pusat. Masjid ini memiliki konsep modern dengan dinding dan lantai berlapis marmer, juga dihiasi ornamen geometrik dari baja antikarat.

Masjid Istiqlal terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar dan mampu menampung lebih dari 200.000 jamaah. Bangunan utama ini dimahkotai oleh satu kubah besar berdiameter 45 meter yang ditopang 12 tiang besar. Menara utama masjid ini menjunlang setinggi 96.66 meter di sudut Selatan selasar.

Masjid At-Thohir

Masjid At-Thohir terletak di Jalan Haji Mohammad Thohir, Kompleks Podomoro, Tapos, Depok. Masjid ini merupakan dedikasi Menteri BUMN, Erick Thohir, untuk sang ayah dan baru diresmikan pada 9 Maret silam.

Sayangnya, jamaah yang ingin menunaikan ibadah salat masih sangat dibatasi dan hanya internal seperti petugas keamanan dan petugas kebersihan yang boleh salat di dalam masjid. Namun, antusiasme masyarakat terlihat di sekitar masjid untuk mengabadikan foto di bagian depan masjid.

Menariknya, nama masjid tersebut dihiasi oleh air mancur di pinggir jalan. Masjid At-Thohir ini berwarna putih, yang bikin semakin elegan adalah marmer putih dengan garis hitam serta lampu dalam masjid berwarna kebiruan dengan sentuhan kristal cantik.

Masjid Agung Al-Azhar

Masjid Agung Al-Azhar berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Masjid ini berdiri pada 19 November 1953 di atas tanah milik Yayasan seluas 43.755 meter persegi dan selesai dibangun pada 1958 atas inisiatif sejumlah tokoh Partai Mayumi.

Lalu, pada 1960, imam besar Al Azhar saat itu yang bernama Mahmud Syaltut kemudian menyematkan nama Al Azhar kepada masjid ini. Masjid Agung Al Azhar pernah menyandang status sebagai masjid terbesar di Jakarta sebelum adanya Masjid Istiqlal.

Masjid Ramlie Musofa

Masjid Ramlie Musofa terletak di kawasan Danau Sunter, Sunter Agung, Jakarta Utara. Masjid ini dibangun pada 2011-2016 oleh almarhum Haji Ramli Rasidin salah seorang pengusaha asal Aceh keturunan Tionghoa sekaligus muslim yang taat.

Masjid ini memiliki luas sekitar 2.000 meter persegi dengan mendatangkan bahan bangunan untuk mimbar berupa marmer dari Turki dan Italia serta ornamen ukiran khusus dari Pulau Jawa dan terinspirasi oleh monumen Taj Mahal.