MENU
LAPOR HOAX

Inovasi Talenta Muda Melalui Desain Ecoship

17 Juni 2022

Inovasi Talenta Muda Melalui Desain Ecoship

Kabar BUMN -  Pekerja muda PIS berpartisipasi di ajang inovasi tahunan CIP dengan menghadirkan desain kapal ramah lingkungan.

Desain kapal ramah lingkungan (ecoship) dihadirkan oleh pekerja muda PT Pertamina International Shipping (PIS) sebagai bentuk dukungan terhadap proses bisnis yang dilakukan oleh perusahaan. Desain kapal itu dipresentasikan oleh Eco Ship Jilid 4 yang diketuai oleh Sholihah Widyastuti dengan anggota Anisa Rachmita, Jimmy Bunga Mayang, dan Syarif Hidayat. Tim Eco Ship jilid 4 juga difasilitasi oleh Indra Lianggoro W.N. di ajang tahunan Continuous Improvement Program (CIP) oleh PT Pertamina (Persero).

Inovasi itu berhasil mendapat apresiasi dari PT Pertamina (Persero) dengan meraih penghargaan kategori “Gold” di acara Annual Pertamina Quality Award (APQ) 2022 yang merupakan rangkaian program CIP.

Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PIS, Surya Tri Harto mengatakan perusahaan terus mendorong dan mendukung para pekerja PIS menuangkan ide dan gagasan kreatif mereka untuk memajukan perusahaan. “Khususnya para pekerja muda, untuk terus menuangkan ide-ide kreatif, inovatif, bahkan out of the box sebagai kontribusi ke perusahaan. Tentunya bisa melalui kinerja yang excellent dan juga lewat ide dan gagasan-gagasan sebagaimana yang dikaryakan dalam risalah CIP,” ujarnya.

Apresiasi atas karya para pekerja muda PIS di CIP, juga diharapkan bisa menjadi semangat untuk meningkatkan dan melahirkan lebih banyak gagasan-gagasan inovatif di perusahaan ke depannya.

“Apresiasi terhadap inovasi-inovasi yang digagas oleh pekerja muda ini diharapkan bisa memicu semangat dan menjadi inspirasi untuk pekerja lainnya, agar senantiasa melahirkan terobosan untuk meningkatkan value dan keunggulan perusahaan,” tambah Pjs Corporate Secretary PIS, Roberth MV Dumatubun.

Teknologi Ecoship Design dilatarbelakangi semangat dan komitmen Green Shipping perusahaan, yang berfokus pada aspek pembangunan dan pengelolaan kapal. Pemanfaatan teknologi ecoship ini terbukti mampu menekan konsumsi bahan bakar yang berdampak pada penurunan emisi.

Hingga saat ini, sudah terdapat 13 kapal dengan konsep ecoship design, di antaranya adalah 2 kapal VLCC milik PIS yakni Pertamina Pride dan Pertamina Prime.