MENU
LAPOR HOAX

Pemanfaatan QRIS bagi UMKM

15 Juni 2022

Pemanfaatan QRIS bagi UMKM

Kabar BUMN -  Pembayaran secara cashless terus diminati banyak orang. Salah satu yang kini banyak digunakan adalah QRIS. Selain mempermudah proses pembayaran, QRIS juga sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM. Seperti apa pemanfaatannya?

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu metode pembayaran yang kini banyak digunakan di berbagai tempat pasca pandemi. Yap, QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard. QRIS adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code.

Kini, QRIS bisa dengan mudah kita temui di toko, pedagang, tempat makan, parkir, tiket wisata, hingga donasi (merchant). Adanya QRIS sangatlah membantu banyak orang dalam kemudahan bertransaksi. Tinggal scan barcode melalui ponsel pintar, kita bisa langsung melakukan transaksi.

Tak hanya kemudahan membayar bagi konsumen, tapi juga kemudahan bagi para pelaku UMKM. Dengan menggunakan metode pembayaran QRIS ada banyak manfaat yang didapat pelaku UMKM.

Mulai dari penjualan berpotensi meningkat karena dapat menerima pembayaran berbasis QR apapun, meningkatkan branding; kekinian, mengurangi biaya pengelolaan kas, terhindar dari uang palsu, hingga tidak perlu perlu menyediakan uang kembalian.

Menariknya lagi, transaksi dengan menggunakan QRIS juga akan otomatis tercatat, dan bisa dilihat setiap saat. Sehingga kita jadi lebih mengontrol keuangan bisnis yang dijalankan. Kemudahan ini juga dapat mencegah kecurangan dari pembukuan transaksi tunai.

Satu lagi manfaat yang bisa didapat UMKM jika menggunakan pembayaran metode QRIS, yakni membangun informasi credit profile untuk memudahkan memperoleh kredit usaha perbankan ke depannya.

Cara Membuat QRIS untuk UMKM

  1. Buka website www.qris.id untuk melakukan registrasi.
  2. Pilih jenis bisnis yang Anda jalankan, lalu isi semua form yang diberikan.
  3. Setelah selesai mengisi form, Anda harus melakukan pembayaran QRIS menggunakan E-wallet. Seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAja, atau ShopeePay.
  4. Selesai melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan username dan password untuk login di halaman Dashboard.
  5. Jika sudah berhasil masuk, upload seluruh file kelengkapan administrasi sebelum pengajuan diproses.
  6. Dalam kurun waktu maksimal 7 hari kerja, Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email maupun pesan WhatsApp tentang kelengkapan data.
  7. Jika sudah lengkap, Anda bisa langsung mencetak QRIS secara mandiri. Jika ada data yang kurang, Anda perlu melakukan revisi.
  8. Jika sudah berhasil, Anda bisa mengecek transaksi uang masuk pada “Dashboard QRIS”.
  9. Untuk proses pencairan dana, pilih menu “Settlement” untuk mengetahui proses settlement ke nomor rekening yang telah didaftarkan saat registrasi QRIS.