MENU
LAPOR HOAX

Lakukan Tips Ini Agar Aman Saat Berolahraga

12 Juni 2022

Lakukan Tips Ini Agar Aman Saat Berolahraga

Kabar BUMN -  Olahraga merupakan aktivitas fisik yang dapat menjaga tubuh agar tetap bugar. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan olahraga karena sibuk dengan kegiatan sehari-harinya. Padahal, berolahraga memiliki banyak manfaat

Sebelum berolahraga, Anda harus mengikuti beberapa tips ini agar terhindar dari cedera. Berikut adalah tips aman yang dapat dilakukan sebelum memulai untuk berolahraga:

Pilihlah Makanan yang Bergizi

Sebelum memulai berolahraga, tubuh membutuhkan asupan yang bergizi. Oleh karena itu, Anda wajib menyantap makanan dengan gizi yang baik sesaat sebelum melakukan olahraga, terutama untuk olahraga yang dapat menguras banyak energi.

Perhatikan juga bahwa Anda tidak makan terlalu banyak yang dapat menyebabkan kekenyangan. Jika Anda makan terlalu berlebih, perut akan kram saat olahraga. Lebih baik, Anda menyantap makanan kaya energi seperti pisang dan oatmeal.

Konsumsi Air yang Cukup

Anda harus mengonsumsi air dalam porsi yang cukup. Hal ini agar tubuh tidak dehidrasi selama berolahraga dan juga mengurangi risiko cedera serta gangguan kesehatan lainnya. Konsumsi air dalam jumlah yang cukup dapat melancarkan sistem metabolisme tubuh yang masuk ke otak, otot, dan organ-organ lainnya.

Oleh karena itu, mulailah dengan minum air secukupnya sebelum berolahraga. Saat sedang dan setelah berolahraga, jangan lupa untuk mendapatkan asupan air yang cukup pula. Pastikan agar tubuhmu tidak merasa lemas, kurang fokus, bahkan kehilangan kesadaran akibat dehidrasi.

Gunakan Pakaian Nyaman

Saat Anda ingin berolahraga, pastikan memakai pakaian yang nyaman. Ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan saat memilih pakaian untuk berolahraga, yaitu ukuran harus sesuai dengan bentuk tubuh agar dapat bergerak leluasa, pastikan bahannya elastis, lembut, mudah menyerap keringat, serta gampang kering saat dicuci.

Selanjutnya, apabila Anda memilih berolahraga sepeda pada malam hari, pastikan Anda memilih pakaian dengan elemen glow in the dark atau menyala bila terkena cahaya untuk menjaga keselamatan diri sendiri, bagi wanita wajib menggunakan pakaian dalam khusus olahraga.

Pilih Sepatu Olahraga yang Tepat

Selain pakaian, Anda juga perlu memilih sepatu olahraga yang nyaman dipakai. Anda harus mempertimbangkan banyak hal agar tidak cedera, antara lain pilihlah jenis sepatu yang sesuai dengan olahraga yang ingin kamu lakukan. Setelah itu, kenali bentuk kaki secara cermat, pilihlah bahan sepatu yang elastisitas lebih tinggi dibandingkan sepatu biasa, pastikan sepatu memiliki sirkulasi udara yang cukup agar kaki tidak cepat lembap.

Lakukan Pemanasan

Setelah semuanya siap, Anda dapat mengawali berolahraga dengan melakukan pemanasan. Pastikan otot-otot dan sendi tubuh dalam keadaan rileks. Lakukan pemanasan dari kepala hingga ujung kaki dengan mengulangi beberapa gerakan.

Selain itu, Anda juga bisa berlari sprint sebentar jika kondisinya memungkinkan supaya tubuh lebih siap berolahraga. Setelah otot-otot tubuh terasa lentur, maka Anda bisa mulai berolahraga tanpa risiko kram atau cedera lainnya.