MENU
LAPOR HOAX

Open Source untuk UMKM, Apa Keunggulannya?

9 Juni 2022

Open Source untuk UMKM, Apa Keunggulannya?

Kabar BUMN -  Para pelaku UMKM perlu menerapkan aplikasi open source dalam menjalankan sebuah bisnis. Setiap open source memiliki banyak keunggulan dalam melancarkan perkembangan bisnis yang sedang dijalankan. Lantas, apa saja aplikasi open source yang diperlukan UMKM?

Hampir seluruh kegiatan sehari-hari bisa dilakukan secara online, termasuk salah satunya berbelanja. Perkembangan teknologi inilah yang mengharuskan para pelaku UMKM untuk lebih “peka” agar bisnis yang dijalankan bisa bertahan. Salah satunya dengan belajar memahami teknologi dan memanfaatkan aplikasi open source untuk UMKM.

Singkatnya, open source adalah kode program yang didistribusikan secara terbuka. Sehingga, bisa digunakan dan dimodifikasi oleh siapa saja tanpa batasan. Banyak kelebihan menggunakan aplikasi open source yang bisa dirasakan langsung oleh seluruh pelaku UMKM.

Seluruh aplikasi open source dapat digunakan secara gratis oleh siapa saja. Ditambah lagi, open source juga dapat dimodifikasi secara bebas. Artinya, Anda bisa menambahkan fitur dengan mudah sesuai dengan kebutuhan bisnis yang dijalankan.

Demi kelancaran bisnis, ada beberapa aplikasi open source yang diperlukan oleh UMKM, di antaranya:

Open Source Finance and Accounting Applications

Seperti yang Anda tahu, keuangan adalah masalah paling krusial dalam menjalankan bisnis. Itulah mengapa Anda dan seluruh tim harus menyusun laporan keuangan dengan rapi dan rinci. Selain menggunakan excel, Anda bisa menggunakan aplikasi open source finance and accounting.

Aplikasi open source finance and accounting cukup praktis digunakan untuk mencatat keuangan. Seperti mencatat pemasukan dan pengeluaran, membuat neraca, analisis keuangan, pajak, jadwal transaksi, hingga menyusun laporan keuangan.

Open Source Point of Sale

Aplikasi yang tak kalah dibutuhkan oleh UMKM adalah open source point of sale. Open source ini biasa digunakan pada kasir, karena seluruh transaksi pembayaran dapat terekam otomatis ke dalam database. Bahkan, biasanya aplikasi open source ini dilengkapi dengan print struk belanja hingga reporting. Dengan begitu, Anda juga tidak perlu repot mencatat pemasukan secara manual.

Open Source Enterprise Resource Planning (ERP)

Perlu diketahui, ERP adalah sebuah sistem yang terintegrasi langsung pada seluruh proses bisnis perusahaan. Beberapa fitur yang bisa digunakan dalam open source ERP adalah sales, purchasing, manufacturing, material management, finance, reporting, dan banyak lagi.

Open Source Ecommerce Tools

Tidak kalah penting, UMKM juga memerlukan open source ecommerce tools, atau aplikasi membuat web jual beli online. Dengan begitu, seluruh produk yang Anda jual bisa dilihat dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Open source ecommerce tools biasanya sudah dilengkapi fitur unggulan. Seperti order management, beberapa gateaway pembayaran, serta wadah untuk menerima review dan rating pelanggan.

Itulah beberapa aplikasi open source yang wajib dimiliki seluruh pelaku UMKM. Semoga membantu!