MENU
LAPOR HOAX

Jangan Sembarangan Bisnis Franchise

8 Juni 2022

Jangan Sembarangan Bisnis Franchise

Kabar BUMN -  Bisnis franchise yang laris manis memang sangat menggoda, terlebih membuka franchise kini sangat mudah. Namun ingat, dalam memulai bisnis tidak boleh gegabah. Pelajari dulu tips-tips sebelum memulai bisnis franchise berikut ini.

Banyak orang mencari cara untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Salah satu caranya dengan memulai bisnis franchise atau waralaba. Bisnis ini dinilai memberikan banyak keuntungan. Dengan bisnis franchise kita tak perlu memulainya dari nol. Sebab, bisnis franchise yang ditawarkan biasanya sudah “punya nama”, jadi tak perlu repot promosi.

Namun, memulai bisnis franchise tak hanya “membeli” nama saja. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar bisnis yang akan kita jalankan tetap moncer dan memberikan banyak keuntungan ke depan.

Bagi Anda yang tertarik memulai bisnis franchise, pelajari lebih dahulu tips-tips di bawah ini:

Pilih Sesuai Minat

Jangan hanya tergiur nama besar brand yang menawarkan bisnis franchise. Sebelum memilih franchise, sebaiknya kenali terlebih dahulu minat Anda. Pilih bisnis franchise sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Misal, suka meracik kopi sendiri, Anda bisa dengan memilih toko kopi kekinian favorit yang belum ada di daerah Anda untuk dijadikan bisnis franchise.

Dengan begitu, kita tidak kesulitan ketika harus mengembangkan bisnis. Karena bisnis yang ada kita geluti sudah sesuai dan selaras dengan minat.

Sesuaikan dengan Modal

Setelah tahu bisnis apa yang akan kita geluti. Tips satu Ini tak kalah penting untuk diperhatikan sebelum membeli franchise. Hitung terlebih dahulu modal yang sudah Anda siapkan. Setelah itu, baru dapat menentukan franchise mana yang sesuai dengan budget. Sebab, kita tidak tahu apa yang akan terjadi ke depannya, baik itu ada biaya operasional atau keperluan membeli bahan baku tambahan.

Walaupun kini banyak layanan yang menawarkan kredit khusus franchise, akan tetapi Anda juga harus tetap membayar bunga yang tidak sedikit, dan berujung menimbulkan utang yang besar. Oleh karena itu, pilih franchise yang pas dengan modal Anda.

Pilih yang Banyak Diminati

Apakah Anda pernah rela antre demi segelas kopi kekinian? Atau, apakah Anda sering pesan makaroni pedas lewat aplikasi online? Nah, produk-produk seperti itu merupakan salah satu produk yang sedang ngetren. Hal tersebut bisa menjadi salah satu pertimbangan saat memilih franchise.

Namun, jangan asal dalam memilih produk, sebab Anda juga harus tahu seberapa besar keinginan konsumen pada produk tersebut. Kemudian, apakah produk tersebut memiliki peluang besar dalam jangka panjang.

Produk yang Banyak Dibutuhkan

Membuka suatu usaha tidak hanya berbekal modal uang. Anda juga diharuskan memiliki bekal pengetahuan seputar kebutuhan pasar. Hal ini akan memudahkan Anda dalam menentukan bisnis franchise yang tepat.

Anda bisa mengambil bisnis franchise yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang bersifat mendesak, seperti swalayan atau minimarket, bengkel, atau apotek. Namun Anda juga bisa melirik bisnis franchise yang memiliki peluang untuk dapat dipertimbangkan; walau memiliki banyak saingan, seperti toko baju, makanan, dan minuman.

Abaikan Cerita Sukses Orang Lain

Biasanya, penyedia jasa waralaba akan mengiming-iming kita dengan cerita kesuksesan orang lain yang telah membeli franchise tersebut. Tujuan jelas, untuk menyakinkan kita bahwa waralaba ini adalah pilihan yang tepat. Namun ada baik Anda jangan tergoda cerita sukses tersebut.

Sebab, di balik cerita sukses, pasti ada perjuangan penuh tantangan yang dilalui. Pertimbangkan dengan matang segala macam aspek sebelum memilih franchise tersebut. Tak kalah penting, jangan termakan janji manis, lantas langsung membuka banyak cabang, demi mengantisipasi perubahan tren atau selera pasar yang sangat dinamis.