MENU
LAPOR HOAX

Tren WFA, Apa Keunggulannya?

6 Juni 2022

Tren WFA, Apa Keunggulannya?

Kabar BUMN -  Sekalipun pandemi nyaris usai namun kondisi itu telah mengubah tren dan gaya bekerja masyarakat. Apa keunggulan WFA dibandingkan dengan bekerja langsung di kantor?

Jika sebelumnya kita diharuskan bekerja dari kantor, saat ini banyak perusahaan yang mulai menerapkan WFA (Work From Anywhere). Sesuai namanya, WFA adalah kegiatan bekerja secara fleksibel yang boleh dilakukan di mana saja. Dengan kata lain, kita tidak diwajibkan untuk bekerja di kantor.

Munculnya tren WFA sebenarnya bukan hal yang baru. Seperti yang Anda tahu, pandemi COVID-19 telah mengubah tren dan gaya bekerja pekerja kantoran. Jika sebelumnya kita diharuskan bekerja di kantor, saat ini banyak perusahaan yang mulai menerapkan WFA. Artinya, Anda bisa bekerja dari mana saja termasuk salah satunya bekerja dari rumah.

Tren WFA di Indonesia

Perkembangan tren WFA di Indonesia cukup pesat. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyak perkantoran yang menerapkan WFA. Tidak hanya dari kalangan ASN, banyak perusahaan swasta yang lebih dulu menerapkan WFA permanen sejak awal pandemi COVID-19.

Karena bisa dilakukan dari mana saja, tren WFA memberikan banyak manfaat bagi setiap karyawan. Salah satu manfaat unggulannya adalah WFA dapat meningkatkan kinerja bekerja, sekaligus menciptakan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi (work life balance). Sehingga, dapat mengurangi risiko stres pada karyawan.

Alih-alih bekerja di kantor selama 8-9 jam/hari, WFA memberikan kita kebebasan bekerja dari mana saja. Kebebasan untuk bekerja ini turut membuat karyawan merasa nyaman, karena bisa melakukan pekerjaan tidak terbatas ruang dan waktu.

Ditambah lagi, sistem kerja yang mengedepankan full remote working ini memberikan kesempatan seluruh pekerja kantoran bekerja dari mana saja agar tidak bosan. Baik itu di rumah maupun di tempat wisata sambil berlibur.

Diperkirakan tren WFA akan terus berkembang pesat seiring berjalannya waktu, termasuk juga di Indonesia. Menurut hasil riset Gartner Research: 75% perusahaan di dunia tengah bersiap-siap untuk beralih menjadi full remote secara permanen.

Pilihan Tempat Terbaik untuk WFA

Seperti yang sudah selalu disinggung di awal, WFA memberikan setiap pegawai kantoran untuk bekerja dari mana saja. Anda bisa memilih lokasi bekerja terbaik guna meningkatkan produktivitas kerja.

Selain di rumah, ada banyak pilihan tempat yang enak buat bekerja. Seperti salah satunya adalah co-working space. Alasannya karena co-working space memiliki lingkungan dan fasilitas yang nyaman, dan mendukung produktivitas kerja.

Anda juga bisa kerja di kafe yang menyediakan wifi sekaligus tempat yang nyaman agar tidak mengganggu konsentrasi saat bekerja. Bahkan kalau ingin mencari suasana baru sambil mencari inspirasi, tidak ada salahnya memilih Work From Hotel sambil liburan atau staycation.

Kalau Anda lebih suka bekerja dari mana, nih?