MENU
LAPOR HOAX

4 Teknologi Terbaru di Perkebunan Kelapa Sawit

31 Mei 2022

4 Teknologi Terbaru di Perkebunan Kelapa Sawit

Kabar BUMN -  Perkembangan teknologi dan digitalisasi berdampak sangat baik bagi sektor perkebunan sawit. Saat ini banyak bermunculan inovasi dan teknologi terbaru yang bisa meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan para petani kelapa sawit, sekaligus menjaga kualitas tanaman dari waktu ke waktu.

Perkebunan kelapa sawit menjadi salah satu sektor industri yang merasakan langsung manfaat perkembangan teknologi digital. Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai inovasi dan teknologi terbaru yang mendukung berbagai kegiatan para petani di perkebunan kelapa sawit.

Berbicara teknologi, mungkin yang terlintas di pikiran Anda hanya berfokus pada menjaga kualitas tanaman kelapa sawit dari waktu ke waktu. Padahal, perkembangan teknologi digital juga berdampak sangat baik dalam mendukung produktivitas dan kesejahteraan petani kelapa sawit.

Setidaknya, ada 4 teknologi terbaru di perkebunan kelapa sawit yang sangat membantu para petani kelapa sawit saat ini. Lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini:

Electronic Plantation Control System

Hadirnya software khusus perkebunan, Electronic Plantation Control System (ePCS) merupakan salah satu bukti perkembangan teknologi digital di sektor industri kelapa sawit. Fungsinya untuk meningkatkan efektivitas operasional perkebunan kelapa sawit di tengah masa pandemi COVID-19.

Aplikasi khusus perkebunan tersebut berfungsi untuk menggantikan seluruh proses pencatatan konvensional menjadi digital. Dengan kata lain, seluruh kegiatan monitoring operasional di perkebunan kelapa sawit bisa didapatkan secara real time.

Geo-AI di Perkebunan Sawit

Hadirnya teknologi Geo-AI turut menjadi salah satu bukti pemanfaatan teknologi di industri perkebunan kelapa sawit. Dengan menggabungkan artificial intelligence, machine learning, dan location analytics membantu memonitori perkembangan tanaman dan analisis tanah di perkebunan sawit.

Teknologi Geo-AI dapat mengidentifikasi tanaman sawit yang terserang penyakit maupun hama, dan mendeteksi adanya hotspot yang menunjukkan kebakaran lahan kelapa sawit. Ke depannya, teknologi Geo-AI ini akan dikembangkan untuk dapat menilai kematangan kelapa sawit.

Blockchain Kelapa Sawit

Teknologi blockchain atau “Palm-Oil Block” (POB) merupakan teknologi yang mengutamakan keamanan dalam mengelola dan menyimpan identitas digital minyak kelapa sawit agar tidak mudah dimanipulasi, serta meningkatkan nilai dan kesadaran minyak kelapa sawit berkelanjutan.

Tujuan jangka panjang POB adalah menciptakan ekosistem baru, sekaligus memperkecil jarak antara konsumen akhir dengan petani kelapa sawit. Bahkan, konsumen bisa melakukan crowdfunding untuk memperbaiki keberlanjutkan petani kelapa sawit.

Precipalm

Satu lagi inovasi di perkebunan kelapa sawit yang sangat menarik adalah Precipalm (Precision Agriculture Platform for Oil Palm). Yakni rekomendasi pemupukan presisi dengan memanfaatkan teknologi satelit untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mengolah informasi di lahan perkebunan kelapa sawit.

Menjadi bagian transformasi bisnis Pupuk Indonesia Group, Precipalm memberikan informasi terkait kondisi nutrisi unsur makro pada lahan kelapa sawit dengan cepat dan presisi. Teknologi terbaru ini juga dapat digunakan untuk memantau kondisi nutrisi perkebunan pasca-pemupukan secara real time.

Penting diketahui, Precipalm adalah solusi pertanian presisi berbasis satelit pertama di Indonesia. Ke depannya, inovasi Precipalm akan menjadi smart farming dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas pertanian sawit.