MENU
LAPOR HOAX

Ini Kesalahan Fatal Milenial Mengelola Keuangan

25 Mei 2022

Ini Kesalahan Fatal Milenial Mengelola Keuangan

Kabar BUMN -  Milenial merupakan generasi yang memiliki jumlah populasi terbesar dan cukup berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi dan kondisi keuangan di Indonesia. Namun, generasi milenial tidak menerapkan cara mengelola keuangan dengan baik,

Oleh karena itu, apabila milenial melakukan kesalahan dalam mengelola keuangan dan menganggapa remeh kesalahan tersebut, milenial akan sulit untuk berinvestasi. Sehingga, milenial harus tahu dan memperbaiki apa saja kesalahan fatal yang biasa dilakukan dalam mengelola keuangan.

Berikut adalah kesalahan fatal milenial saat mengelola keuangan:

Tidak Punya Tunjangan Keuangan

Milenial harus memiliki tunjangan keuangan. Tunjangan ini merupakan kompensasi kerja sebagai pengaturan pemberian balas jasa bagi karyawan yang berfungsi untuk meningkatkan produktivitas kerja mereka. Hal ini dikarenakan tunjangan keuangan merupakan hak setiap pekerja. Tunjangan ini menjadi pertimbangan bahkan prioritas bagi para pencari pekerjaan.

Mengutamakan Gaya Hidup

Apabila milenial menuruti gaya hidup maka akan sangat berpengaruh terhadap keuangannya. Hal itu dikarenakan, gaya hidup yang konsumtif adalah suatu kebiasaan dan sifat boros itu pun harus dihindari. Jika kondisi keuanganmu melemah, maka daya beli pun akan berkurang secara berkala, sementara tingkat kebutuhan akan bertambah seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, milenial harus bijak dan berhati-hati agar terhindar dari gaya hidup yang konsumtif.

Punya Pikiran Self-Reward

Seringkali kita mendengar ucapan yang mengacu pada self-reward dengan cara berbelanja ataupun liburan semata. Bagi sebagian orang, self-reward sangat diperlukan untuk menghargai dan mengapresiasi diri sendiri ketika mampu mencapai goals yang diinginkan. Padahal, tanpa disadari self-reward hanya sebagai bentuk konsumtif atau boros untuk menuruti keinginan semata yang menyebabkan dompet kering hingga membuat uang habis.

Tidak Punya Dana Darurat

Dana darurat sangat penting untuk membantu masalah keuangan saat sedang mengalami kesulitan. Jika suatu hari terjadi hal tak terduga dan membutuhkan banyak uang, kita akan menjadi bingung bahkan bisa membuat stres apabila tidak memiliki dana darurat. Oleh karena itu, milenial harus menyisihkan sedikit penghasilan atau keuangannya untuk dana darurat.

Tidak Memiliki Aset Investasi

Berinvestasi bisa membuat milenial meningkatkan pendapatan. Namun, tidak semua investor mendapatkan tambahan penghasilan dan tidak semua investor mampu mengendalikan investasi mereka. Oleh karena itu, milenial harus mengetahui terlebih dahulu apa saja kesalahan yang sering dilakukan dalam berinvestasi.

Karena centering labil, biasanya milenial terlalu cepat mengambil keputusan. Hal ini merupakan kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemula. Semangat yang terlalu tinggi tanpa melakukan pertimbangan secara matang memungkinkan milenial salah dalam mengambil keputusan, sehingga menimbulkan kerugian atau kegagalan dalam kesempatan untuk mendapatkan keuntungan hasil yang tinggi.