MENU
LAPOR HOAX

Ini Tips Agar Keuangan Tidak Boros

25 Mei 2022

Ini Tips Agar Keuangan Tidak Boros

Kabar BUMN -  Pemerintah telah memberikan kelonggaran protokol kesehatan (prokes) seiring dengan terkendalinya COVID-19 di Indonesia. Adanya kelonggaran ini membuat masyarakat menjadi lebih boros.

Hal ini karena masyarakat cenderung bekas untuk memilih membeli barang apa saja setelah adanya kelonggaran dari Pemerintah. Oleh karena itu, masyarakat perlu menerapkan beberapa tips ini agar tidak boros dan lebih menghemat pengeluaran.

Berikut tiga tips agar keuanganmu tidak boros:

Evaluasi Pengeluaran

Masyarakat harus mengevaluasi atau melihat pengeluaran setiap bulannya. Apabila menyimpan uang di ATM, maka perlu print mutasi buku tabungan, setelah itu bandingkan dan lakukan perhitungan dengan sebaik mungkin agar di bulan berikutnya dapat menimalisir biaya pengeluaran.

Kategorikan Pengeluaran

Biaya pengeluaran harus dikategorikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing, seperti biaya bayar listrik, biaya transportasi, biaya konsumsi selama sebulan, dan lainnya. Hal ini untuk mengevaluasi apakah ada kenaikan dan pengeluaran yang meningkat, selain itu cara ini dapat membuat Anda antara pengeluaran harus cukup terpenuhi dengan gaji.

Jangan Lupa Menabung

Jangan lupa untuk mengalokasikan uang ke tabungan. Menyisihkan uang ke dalam tabungan dan memisahkannya dengan pengeluaran untuk berbelanja adalah tips penghematan yang penting. Sehingga Anda tidak akan boros saat memiliki uang berlebih, karena uang yang dimiliki sudah dimasukkan ke tabungan.