MENU
LAPOR HOAX

Sering Gagal saat Investasi? Simak 7 Kesalahan yang Harus Dihindari

23 Mei 2022

Sering Gagal saat Investasi? Simak 7 Kesalahan yang Harus Dihindari

Kabar BUMN -  Salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan adalah berinvestasi. Namun, tidak semua investor mendapatkan tambahan penghasilan dan tidak semua investor mampu mengendalikan investasi mereka. Masalah ini timbul Karena investor melakukan beberapa kesalahan dalam berinvestasi.

Oleh karena itu, investor harus mengetahui terlebih dahulu apa saja kesalahan yang sering dilakukan dalam berinvestasi. Setelah mengetahui, maka investor harus menghindari hal-hal tersebut. Berikut adalah beberapa kesalahan yang harus dihindari saat berinvestasi.

Tidak Memiliki Tujuan yang Jelas

Saat berinvestasi tentu investor harus memiliki tujuan yang jelas. Sebagian besar investor terutama para pemula tidak memiliki tujuan yang jelas. Kebanyakan hanya ikut-ikutan namun tidak memahami berinvestasi. Setelah investor paham, maka investor dapat menentukan apa yang ingin dicapai dari berinvestasi seperti memiliki dana berlebih untuk pendidikan anak atau untuk pensiun pada usia 60 tahun.

Tidak Realistis terhadap Risiko

Seorang investor harus paham bahwa dalam berinvestasi, risiko selalu berbanding lurus dengan pertumbuhan hasil investasi. Semakin besar uang yang ditanam maka semakin besar juga risiko yang dihadapi. Banyak investor tergiur dengan tingkat keuntungan yang tidak wajar, ditambah lagi apabila risiko yang ditawarkan minim. Jangan sampai kalian mudah tergiur dengan hal-hal yang menjanjikan keuntungan tidak wajar dan berlebihan.

Tidak Melakukan Analisis yang Jelas

Sebelum memutuskan berinvestasi, sebaiknya melakukan perhitungan atau analisa terlebih dahulu sebelum menempatkan dana dalam jumlah yang cukup besar pada suatu perusahaan. Perlu untuk menganalisis dengan matang kemungkinan keuntungan yang diperoleh dalam suatu periode beserta risiko yang mungkin terjadi.

Fokus ke Jangka Pendek

Berinvestasi jangka panjang umumnya lebih menguntungkan, namun perlu adanya kesabaran yang lebih karena waktu yang dibutuhkan relatif lama. Banyak investor pemula hanya fokus untuk mendapatkan keuntungan jangka pendek, padahal time horizon suatu perusahaan tergantung dari jenis investasi dan berapa lama investasi tersebut berjalan.

Tidak melakukan Diversifikasi Investasi

Investor harus melakukan diversifikasi, jangan sampai menempatkan seluruh uang yang dimiliki pada satu perusahaan investasi. Hal ini untuk mencegah kebangkrutan suatu perusahaan yang dapat membuat investor mengalami risiko yang semakin besar. Investor perlu melakukan diversifikasi berbagai aset yang dimiliki dan membagi risiko ke berbagai perusahaan.

Tidak Fokus ke Rencana yang sudah Dibuat

Hal lain yang dapat menggagalkan investasi adalah kurangnya fokus pada tujuan yang telah ditetapkan. Kedisiplinan sangat diperlukan agar dapat terhindar dari hal-hal yang membuat hilangnya tujuan awal dalam berinvestasi, karena mempertahankan lebih sulit daripada meraih kekayaan.

Terlalu Cepat Mengambil Keputusan

Pada poin ini, merupakan kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemula. Semangat yang terlalu tinggi tanpa melakukan pertimbangan secara matang memungkinkan investor salah dalam mengambil keputusan, sehingga menimbulkan kerugian atau kegagalan dalam kesempatan untuk mendapatkan keuntungan hasil yang tinggi.